Kepala Bidang Perpustakaan Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR-RI Kunjungi DPRD Provinsi Sumbar

Realitakini.c0m-Sumbar
Kepala Bidang Perpustakaan Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR-RI, Witingsih Yuhelmi berkunjung ke DPRD Sumbar, Rabu (29/3/2017) Jam 10.00 WIB. Kujungan itu bermaksud membangunan satu koneksi jaringan untuk seluruh perpustakaan Sekretariat DPRD se Indonesia yang selama belum dilakukan. Dalam hal ini Perpustakaan DPR RI berencana agar seluruh perpustakaan sekretariat DPRD seluruh Indonesia terkoneksi dalam satu jaringan.
Dengan terbangunnya jaringan itu, seluruh perpustakaan di sekretariat lembaga legislatif bisa saling berkoordinasi dan berbagi informasi didaerahnya. “Memang kami mulai dari perpustakaan DPRD Sumbar untuk melakukan koneksi jaringan sekaligus ingin melihat system yang diterapkan disini,”terang Witingsingsih Yuhelmi dalam pertemuan diruangan pansus I DPRD Sumbar. Memang rencana itu diungkapkan saat kunjungan para pustakawan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI ke DPRD Sumbar. Kepala Bidang Perpustakaan Setjen DPR RI, Witingsih Yuhelmi dalam kesempatan itu juga mengatakan, saat ini, Perpustakaan DPR RI tengah upaya untuk mengembangkan perpustakaan sistem digital atau repository.
“Seluruh data dan arsip kepustakaan dalam sistem digital diinput ke dalam sebuah database berbasis internet. Kalau seluruh perpustakaan legislatif seluruh Indonesia bisa terkoneksi, tentu akan sangat memudahkan dalam berkoordinasi dan berbagi informasi,” kata Witingsih dalam pertemuan tersebut. Disamping itu dia menambahkan, seiring perkembangan teknologi informasi telah maju, penyajian data digital akan sangat memudahkan dan penyimpanannya pun akan semakin aman. Seluruh arsip bisa disimpan dalam bentuk e-arsip sehingga tidak khawatir kehilangan atau rusak.

Kunjungan ke DPRD Sumbar dilakukan karena menjadi salah satu DPRD yang telah menerapkan sistem berbasis internet dan penerapan e-arsip. Pihaknya ingin membandingkan sistem yang diterapkan tersebut sehingga bisa diimplementasikan di DPRD-DPRD lain di seluruh Indonesia. Sekwan DPRD Sumbar Raflis mengatakan, penerapan sistem berbasis internet tersebut telah dilakukan disini untuk memudahkan penyimpanan data. Seluruh arsip, bahkan hingga risalah persidangan pun disimpan dalam e-arsip dan tertata dengan baik. Raflis menyatakan DPRD Sumbar sangat mendukung rencana Perpustakaan DPR RI untuk membangun jaringan dengan seluruh perpustakaan DPRD seluruh Indonesia. Melalui jaringan tersebut, tentunya pertukaran informasi bisa dilakukan semakin cepat dan akurat. “Seluruh data dan arsip di DPRD Sumbar telah disimpan dalam bentuk digital, bahkan hingga risalah persidangan dan undangan pun diinput ke dalam database,” ulasnya. Dia menegaskan, penyimpanan data dalam bentuk digital sudah waktunya diterapkan sehingga tidak mudah rusak atau hilang. Selain itu, data digital juga sangat memudahkan pekerjaan karena bisa diakses seketika, tanpa harus membongkar-bongkar tumpukan kertas yang begitu banyak. (Wt)
Previous Post Next Post