Breaking News
Join This Site

KPU Sumatera Barat

RSUD Hanafiah Batusangkar Segera Naik Kelas Menuju Tipe B

RSUD Hanafiah Batusangkar Segera Naik Kelas Menuju Tipe B

TANAHDATAR - realitakini.com
RSUD MA Hanafiah Batusangkar rumah sakit tipe B. Sumber daya manusia dan sarana yang ada di rumah sakit milik pemerintah daerah itu sejauh ini dinilai sudah memenuhi syarat dan kriteria untuk segera naik kelas.“Kini hanya tinggal melengkapi sejumlah syarat administrasi untuk diajukan ke Kementerian Kesehatan guna penetapan sebagai rumah sakit tipe B “Ujar Dr Ermond Reflin pimpinan RSUD Hanafiah.
Rumah sakit ini perlu melengkapi dokter spesialis bedah mulut, patologi klinik dan jantung, karena 3 spesialis ini Sampai Saat ini belum ada dokter yang mewakilinya. Sementara dokter spesialis lain sudah ada, walau jumlahnya masih tak seimbang dengan jumlah penduduk terang Ermond.
Keseluruhan pegawai di RSUD MA Hanafiah Batusangkar terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, serta selebihnya bidan, perawat dan petugas non medis lain baik yang PNS maupun honorer serta tenaga magang. Mengatasi sumber daya terutama dokter spesialis, saat ini sejumlah dokter berstatus PNS tengah mengikuti pendidikan spesialis mereka adalah dokter spesialis mata dan dokter THT.
Setiap dokter spesialis di RSUD MA Hanafiah mempunyai jadwal tersendiri seperti spesialis kebidanan 2 orang dokter dan buka praktek 4 kali seminggu yakni hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat, kemudian spesialis bedah lima kali seminggu yakni hari Senin hingga Jumat dan dilakukan oleh 2 orang dokter, selanjutnya spesialis penyakita dalam 3 orang dokter dan jumpa pasien dilakukan enam kali seminggu dari Senin hingga Sabtu.
Untuk spesialis tambah Ermond kunjungan dokter 4 kali seminggu yakni Senin, Rabu, Kamis dan Jumat oleh 2 orang dokter ,dan untuk poliklinik mata dibuka setiap hari Rabu untuk polikliniknya dan Sabtu untuk operasi.
“1 dokter spesialis THT dengan waktu kunjungan pada hari Selasa, untuk poloklinik neurologi yang ditangani oleh 2 orang dokter spesialis, 1 orang dokter jiwa dengan waktu kunjungan pada hari Selasa, Minggu ke I dan III , begitu juga dengan poliklinik Paru yang ditangani 1 orang dokter pada Minggu ke II dan IV “Ujarnya.
Selanjutnya Poliklinik Kulit dengan 1 orang dokter pada setiap hari Kamis, untuk poliklinik gigi buka setiap hari dan ditangani 2 orang dokter spesialis gigi, umum setiap hari kerja dengan 4 orang dokter umum, dan konsultasi gizi juga dapat dikunjungi oleh pasien setiap hari kerja.
Setiap hari rata-rata pasien rawat jalan yang berkunjung ke RSUD MA Hanafiah sebanyak 120 orang, ini membuktikan RSUD MA Hanafiah sudah sangat dipercayai oleh warga Tanah Datar. Sebagai penunjang dan menuju RSUD tipe B pihak RS merencanakan penambahan gedung, peralatan medis, dokter umum dan spesialis terutama spesialsi mata dan THT. RSUD MA Hanafiah telah dilengkapi dengan gedung Ponek, UGD dan ruangan bedah, RSUD ini juga mempunyai 10 kamar VIP A dan 6 ruangan VIP B.
Disamping itu disetiap kamar pihak RSUD ini telah melengkapi dengan kamera CCTV agar kegiatan pasien dapat terpantau.
Untuk mewujudkan pelayanan maksimal pihak RSUD juga menempatkan 15 tenaga perawat disetiap ruangan dan mereka stanby setiap saat sehingga pasien dan keluarga pasien bila memerlukan bantuan perawat sewaktu waktu dapat terpenuhi dan semua aktifitas di Rumah Sakit ini dapat berjalan dengan lancar.                                               elvis

 

Sukseskan Asian Games 2018