Layanan Pemeriksaan IVA/Pasmear Ini Bisa Diperoleh Secara Gratis





















Realiatakini.com-Solok
Kepala BPJS Cabang Solok, Ardian­syah, Jumat mengatakan, “peme­rikasaan IVA/Pasmear ini dilasanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Solok, pemeriksaan IVA/Pasmear dipusatkan di Puskesmas Tanah Garam, Puskesmas Lubuk Gadang, Puskesmas Talawi Kota Sawahlunto dan Puskesmas Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya.

“Layanan deteksi dini kanker serviks ini terselenggara berkat kerjasama BPJS Kesehatan dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja dibawah pimpinan ibu negara Iriana Jokowi,” ujar Ardiansyah di Kota Solok, Jumat (2/11). Sebagai wujud apresiasi bagi guru yang telah berjasa meningkatkan kualitas bangsa, BPJS Caban Solok menyelenggarakan ke­giatan pemeriksaan IVA/Pasmear serentak kepada seluruh guru perempuan dan istri guru yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

Dikatakannya,layanan pemeriksaan IVA/Pasmear ini bisa diperoleh secara gratis, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan ternyata peserta memerlukan penanganan lebih lanjut,maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Sebenarnya, kata Ardiansyah, pemeriksaan IVA/Pasmear secara gratis ini tidak hanya untuk kalangan guru perempuan dan istri guru saja. Pada prinsipnya, seluruh peserta JKN-KIS boleh mengikutinya. Namun karana kegiatan ini dalam rangka memperingati hari guru, maka pada tahap awal diprioritaskan untuk guru dan istri guru. Sementara peserta JKN non guru bisa memamfaatkan kesempatan ini hingga Bulan Desember.
Ditambahkanya, sebagai penye­lenggara program JKN-KIS yang sudah tiga tahun beroperasi, BPJS Kesehatan siap mengawal dan mensukseskan misi OASE dalam meminimalisir angka penderita kanker serviks di Indonesia. Terlebih program pemeriksaan IVA/Pasmear ini sejalan dengan implementasi program promotif preventif yang se­nantiasa digalakkan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan derajad kesehatan penduduk Indonesia.

OASE Kabinet Kerja itu sendiri,kata Ardiansyah, merupakan sebuah perkum­pulan para pendamping mentri dan unsur eksekutif lain yang dipimpin  Ibu Negara,Iriana Jokowi. OASE memiliki serangkaian program untuk mendukung tercapainya Nawacita Presiden Jokowi. Dimana salah satu programnya adalah meningkatkan pelaksanaan pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan. Program ini telah mulai dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga tahun 2019. (h**)


Previous Post Next Post