Pemilihan Ketua PWI Bertemakan Wartawan Dituntut Profesional, Melalui Pendidikan Kewartawanan

Realitakini..com-sumbar
 Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2016-2021 resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat di auditorium Gubernuran, Senin (26/12). Ketua PWI Sumbar, Ir. Basril Basyar, MM menyampaikan, amanah yang diberikan pada dirinya sebagai ketua PWI Sumbar sudah berjalan sekitar 10 tahun.
Selama kepengurusan dari tahun 2011-2016 itu, pengurus telah melaksanakan dua kali ujian keanggotaan. Saat ini jumlah anggota biasa tercatat sebanyak 386 orang dengan hanya 158 orang berstatus aktif dan anggota muda 115 orang. Dikatakan, di era globalisasi ini PWI akan menghadapi berbagai persoalan baik eksternal maupun internal. Untuk itu, wartawan dituntut profesional, salah satunya melalui pendidikan kewartawanan sehingga pendidikan tersebut
“Perusahaan yang bergerak di pers perlu pimpinan perusahaan untuk memperhatikan kesejahterahan wartawannya dan juga kesejahteraan di organisasi perlu ada sistem pengkajian kepada wartawan baik anggota muda maupun anggota biasa termasuk dalam pembelaan terhadap wartawan menjadi tantangan masa yang akan datang,” kata Basril.
Di tempat yang sama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, peserta Konferda diharapkan jangan salah memilih Ketua yang baru. Karena, yang akan memajukan PWI di masa mendatang adalah orang yang betul-betul bisa membangun komunikasi, demi kemajuan PWI sumbar yang akan datang.
“Pilih ketua yang bisa bergaul agar bisa dapat tercipta kekompakan, siap berkorban dalam menjalankan tugas sebagai pemberi informasi kepada publik. Bukan hanya di kalangan pemerintah saja, tapi juga pihak kalangan lain sebagai mitra,” tuturnya.
Hubungan komunikasi yang baik perlu dibina untuk memajukan PWI Sumbar ke depan. Sehingga perjalanan dari kepengurusan baru dapat berjalan dengan baik dan membawa perubahan. Ia mengatakan, untuk meningkatkan diri menjadi wartawan yang profesional berkualitas butuh konsekuensi. Ketika ditemukan persoalan di lapangan yang muncul perlu ada komitmen, harus bisa mengatakan yang benar dan ykatakan salah, sehingga keprofesionalan sebagai wartawan terang dengan baik. Gubernur juga berharap pemilihan ketua PWI yang baru jangan sampai ada keributan.
“Jadikan pemilihan PWI menjadi pers sehat Sumbar bermartabat dengan melahirkan pemimpin PWI yang baru untuk memajukan PWI di masa akan datang,” tutupnya. **cm


Previous Post Next Post