Asnel: Jika Tidak Mampu Mengikuti Diklat Dengan Baik, Jabatan Menjadi Taruhan,”

Realitakini.Com-Padang
Sekretaris Daerah Kota Padang tegas kan kepada seluruh jajaran kerjanya yang sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). "Tak lulus diklat, jabatan dilepas," ujar Asnel saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXIV di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat, Padang Besi, Padang, Senin (6/2). Diterangkan Asnel, diklat tersebut diikuti sebanyak 30 peserta. Khusus diklat kepemimpinan tingkat IV, tahun ini hanya diikuti 60 peserta dengan dua gelombang. Karena itu, Asnel menekankan agar seluruh peserta sungguh-sungguh mengikuti dan bisa lulus dengan baik.
"Jika tak lulus, banyak ASN senior yang tidak mendapat jabatan yang akan menggantikan," tegas Asnel didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang Habibul Fuadi. Asnel mengimbau kepada seluruh pesera diklat untuk bersemangat dalam mengikuti materi diklat. Tidak saja sekadar ikut dan tidur selama diklat. "Peserta agar fokus ikut diklat, tidak ada lagi yang hilang malam lalu pagi masuk lagi," imbaunya.
Peserta diklat kepemimpinan IV nantinya dituntut mampu menyelesaikan proyek perubahan selama diklat. Proyek perubahan tersebut dapat diaplikasikan di instansi kerja masing-masing. "Proyek perubahan harus selesai. Karena kinerja terus dituntut sehingga mendapatkan hasil signifikan," kata Asnel. Sisi lain Asnel menyebut bahwa sebanyak 431 orang pejabat eselon IV masih banyak yang belum mengikuti diklat. Tahun ini Pemko Padang hanya menganggarkan dua gelombang saja. Asnel berharap tahun depan seluruh eselon IV di lingkup kerjanya sudah mengikuti diklat. Sementara itu, Asnel sempat menyinggung tentang jumlah pegawai yang akan pensiun di tahun ini. Tercatat sebanyak 800 pegawai pensiun dan didominasi oleh pejabat eselon IV.

Terpisah Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat Rosms Effendi menyebut bahwa pihaknya berkewajiban memantau setiap pelaksanaan diklat di tempatnya. Seperti diklat yang dilakukan Pemko Padang saat ini, seluruh data peserta diklat sudah dikirimkan secara online ke Lembaga Administrasi Negara (LAN). "Ini akan menjadi penentu akreditasi kami nantinya," sebut mantan Sekda Solok Selatan itu.(C / DU / Y / Tf/Cm)
Previous Post Next Post