Trabas Sumbar :Nagari Pariangan Desa Terindah Se Dunia


Realitakini.com-Sumbar
Motorcross Trabas merupakan termasuk olahraga fisik yang keras, ini merupakan kesenangan dan hobby sosok Gubernur Irwan Prayitno. Melalaui  Tim Sumbar 1 Trabas Gubernur Sumatera Barat kembali melakukan kunjungan kerja dengan olahraga motorcross di Nagari Pariangan Tanah Datar, Kubu Gadang Padang Panjang dan Puncak Payo Rapuih Nagari Batipuah Tanah Datar Hal ini dilakukan semata mata untuk memotivasi dan mendorong generasi muda serta masyarakat untuk peduli akan kemajuan pembangunan Sumatera Barat yang sejahtera dan bermartabat. Kegiatan ini juga merupakan promosi wisata dan sosial kemasyarakat yang dilakukan Gubernur Irwan Prayitno dalam memajukan pariwisata dan memotivasi pembangunan di Sumatera Barat
Gubernur Irwan Prayitno saat ditanya wartawan Sumbar terhadap kondisi dunia kepariwisataan Sumbar yang tahun ini tidak masuk 10 besar destinasi wisata nasional menyampaikan, kita bersama perlu lakukan promosi wisata . Dan promosi menjadi kata kunci dari pengembangan pariwisata di Sumbar. Sebab di Sumbar sangat banyak destinasi yang masih belum diketahui secara luas oleh wisatawan. Berbagai langkah dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di berbagai kabupaten/kota terus dilakukan, agar dapat dilirik wisatawan.
“Kita hanya butuh satu promosi, ibarat mutiara masih terbenan, harus dibuka dan dipromosikan agar menarik orang untuk melihat dan datang. Destinasi wisata di Sumbar ini banyak yang bagus dan indah, pengelolaan juga telah dilakukan. Tinggal bagaimana kita untuk memfokuskan promosi destinasi wisata yang ada di Sumbar,” sebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai mengunjungi destinasi wisata Puncak Pusaran Angin yang terletak di Barat Danau Singkarak, tepatnya di Jorong Payo Rapuih, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar, Minggu(5/2).
Dengan motor trailnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama tim Trabas Sumbar 1 dan beberapa klub Trabas dari Kota Padangpanjang dan Tanahdatar tersebut juga mengunjungi Nagari Tuo Pariangan Kabupaten Tanah Datar, yang menjadi desa terindah di dunia Tanahdatar, dan menyalurkan bantuan bibit pertanian kepada kelompok petani yang ada di Nagari Tuo Pariangan, lakukan panen padi, serta salurkan bantuan terhadap Yulinar(50) salah seorang masyarakat sekitar yang menderita penyakit gondok di daerah tersebut.Tak hanya itu, dalam kunjungannya itu ia juga pengunjungi desa wisata Kubu Gadang di Kota Padangpanjang. Terlihat hadir Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma, Wakil Walikota Padangpanjang Mawardi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikutura dan Perkebunan Sumbar, Ir Chandra dan Kepala OPD lainnya dilingkungan Pemkab Tanahdatar dan Pemko Padangpanjang dalam kunjungan Gubernur ke dua daerah tersebut.Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, dalam mengembangkan destinasi wisata di Sumbar, kata kuncinya adalah promosi. Dengan makin mengenalkan destinasi wisata yang ada tersebut ke nasional dan internasional, hal itu akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dari sektor pariwisata ini.“Untuk infrastruktur saya lihat tadi sudah cukup bagus, tinggal bagaimana meningkatkan promosinya agar para wisatawan bawa uang kesini maka butuh ditingkatkan terus promosi yang dilakukan,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika pariwisata di suatu daerah telah tumbuh dan dikenal secara luas, maka sektor lainnya juga akan tumbuh dengan sendirinya. Masyarakat setempat juga akan semakin semangat mengelolanya, karena banyak wisatawan yang datang.“Seperti di desa wisata Kubu Gadang berbagai paket wisata telah disediakan. Jika promosinya kurang, tentunya tak banyak orang yang datang. Nagari Tuo Pariangan Kabupaten Tanah Datar, yang menjadi desa terindah di dunia Tanahdatar, ataupun dari Puncak Pusaran Angin ini, orang bisa melihat keindahan danau Singkarak dan keindahan alam disekitarnya. Ini semua butuh promosi dan promosi,” ungkapnya.Ia menjelaskan, tetapi jika promosi pariwisatanya bagus, maka sektor UMKM juga akan tumbuh dengan sendirinya. Masyarakat sekitar dapat membuat produk-produk yang dapat meningkatkan perekonomiannya, sebab banyak yang datang membeli.“Dengan berbagai langkah yang kita lakukan dalam meningkatkan promosi destinasi wisata di Sumbar yang akan datang dapat semakin baik lagi, dan kunjungan wisatawan ke Sumbar dapat terus meningkat. Sumbar adalah daerah yang memiliki banyak destinasi wisata. Dengan berbagai wisata yang dimilikinya, tidak hanya wisata alam, kuliner dan juga budaya Sumbar akan menjadi daerah tujuannya wisata nasional dan internasional kedepannya,” harap Irwan Prayitno. ( Humas Sumbar//Cm* )
Previous Post Next Post