Breaking News
Join This Site

KPU Sumatera Barat

BPBD Mentawai Harapkan Dukungan Semua Pihak Untuk MandiriKelancaran Evakuasi HKBN

BPBD Mentawai Harapkan Dukungan Semua Pihak Untuk MandiriKelancaran Evakuasi HKBN

Realitakini.com-mentawai 
BPBD Mentawai selaku pelaksana kesiapsiagaan di wilayah Kepualaun Mentawai, sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran simulasi dan evakuasi mandiri pada HKBN nanti. Informasi rencana simulasi mandiri di tingkat dusun ini, sudah kita koordinasikan dengan pihak dusun dan masyarakat setempat melalui divisi yang kita tunjuk. Selain itu, BPBD Mentawai juga sedang mempersiapkan Jambore tingkat Kabupaten Mentawai pada tahun ini. Jambore ini diadakan supaya relawan-relawan terdahulu tingkat desa dan dusun yang telah terbentuk dapat terus aktif dan terlembaga. Simulasi dan jambore meruapak dua hal yang sangat pentung, dua hal ini tentu saja sangat erat kaitannya dengan kesiapsiagaan desa untuk pengurangan risiko bencana, ucap Yusuf Hadisumarto selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Mentawai kepada Sumbartoday.com. Salam Tangguh.

Lembaga ASB yang sepenuhnya didanai oleh Kementrian Luar Negeri Jerman, sangat menyambut baik rencana pelaksanaan evakuasi mandiri yang akan diadakan oleh BPBD Kepulauan Mentawai. Lembaga ASB sendiri saat ini memang sangat aktif untuk mengkampanyekan kesiapsiagaan diwilayah pesisir pantai Sumatera Barat, salah satunya di Kabupaten Kepulaun Mentawai. “Pada simulasi evakuasi nanti, pihak ASB juga akan coba memastikan keterlibatan penyandang disabilitas, karena kelompok disabilitas merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap bencana”, ucap Roni Pasla selaku Project Officer Lembaga ASB.Dusun Mapadegat dan Jati, Desa Tuapeijat, merupakan dua dusun terpilih untuk mengadakan simulasi dan evakuasi mandiri pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), yang akan diadakan oleh BPBD Mentawai dan Lembaga ASB pada tanggal 26 April 2017 mendatang.

Dirilis dihalaman resmi BNPB Pusat, semua pihak atau masyarakat yang ingin terlibat pada HKBN, bisa mendaftarkan diri secara online, semua syarat dan ketentuan juga tertulis dengan jelas pada laman tersebut. HKBN sendiri merupakan salah satu kerangka kerja jangka panjang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tahun ini merupakan gelaran pertama HKBN diadakan serentak diseluruh Indonesia. Jika berjalan dengan sukses, kedepan pada setiap tanggal 26 April akan dijadikan hari libur Nasional untuk Kesiapsiagaan Bencana.**

Sukseskan Asian Games 2018