Raker Komwil I APEKSI: Mahyeldi Usul Tradisi Baru

Realitakini.C0m-Batam
Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) yang berlangsung di Kota Batam (19-21 April 2017) berhasil menyedot perhatian warga kota Batam. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme warga memasang umbul-umbul di sepanjang jalan demi menyambut walikota berikut delegasi pendamping yang berasal dari 24 Kota yang tergabung dalam Komwil I Apeksi. Menurut Walikota Batam M. Rudi yang bertindak selaku tuan rumah, upaya sosialisasi yang dilakukan pihaknya telah jauh hari, “Kita ingin masyarakat juga turut bahagia merasakan kehadiran walikota-walikota di wilayah regional I Sumatera ini,” kata Rudi dalam kesempatan itu.Partisipasi masyarakat tampak saat acara penanaman pohon pelindung (19/4) yang bibitnya adalah tanaman khas dari tiap-tiap kota nan hadir. Sejumlah masyarakat turut serta berpartisipasi mendampingi Walikota saat penanaman pohon, mereka berbaris memadati sepanjang jalan masuk hingga lokasi tanam, bahkan memberikan lagu penyemangat ketika melepas seluruh rombongan delegasi.

"Saya sangat mengagumi pohon khas dari Kota Padang yakni Pohon Andalas, dan saya telah memesan lebih banyak lagi bibit Andalas pada Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful," tambah Rudi. Dalam acara pembukaan raker, ketua Komwil I Apeksi yang juga Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah Datuk Marajo memberikan apreasi terhadap tuan rumah, menurut Mahyeldi, agenda rutin tahunan tersebut hendaknya tidak saja menjadi ajang silaturahmi dan keakraban, “Silaturahmi dapat memperpanjang umur dan menambah rezeki. Kesempatan ini juga perlu kita pergunakan untuk bertukar ilmu dan pengalaman Best Practice di antara kita," kata Mahyeldi.

Lebih lanjut Walikota yang akrab disapa Buya Mahyeldi ini memaparkan pemikirannya bahwa tiap-tiap daerah bisa saling berbagi tips dan trik dalam membangun daerahnya. Misalnya, Kota Padang bisa berbagi pengalaman penataan PKL kepada Kota Tebing Tinggi, Kota Medan bisa berbagi ilmunya di bidang Sosial Tenaga Kerja kepada Kota Dumai, atau Kota Banda Aceh dapat memberikan rahasia suksesnya di Bidang Penataan Ruang Terbuka Hijau kepada Kota Pekanbaru.

"Kami sendiri, setelah Raker ini usai, dalam waktu dekat akan mengirimkan ASN Pemko Padang untuk mempelajari strategi tiap-tiap daerah dalam berinovasi. Di Pemko Batam salah satu unggulnya adalah starateginya dalam meningkatkan wisatawan,” ujar Mahyeldi yang disambut tepuk tangan para peserta.Di penghujung sambutannya, Walikota yang dikenal berhasil menertibkan PKL Pantai Padang tanpa kekerasan ini mengusulkan sebuah tradisi baru untuk dimasukkan dalam agenda rutin Raker Komwil I APEKSI. “Kami berpikir, bahwa perlunya sebuah Piagam yang terdiri beberapa poin penting yang akan kita bacakan dan tandatangani bersama di penghujung Raker nanti," imbuhnya.

Piagam ini menggambarkan kebulatan tekad kita untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dan bila dikaitkan dengan tema raker kita kali ini, maka piagam itu nantinya akan memuat komitmen kita untuk mendukung pembentukan Aparatur Sipil Negara yang Profesional. Karena tuan rumah Raker adalah Kota Batam, maka Piagam ini kita namakan Piagam Batam. Itu hanya sekedar pancingan ide yang dapat kita bahas bersama-sama. (LL/Bustam Piliang*wt
)
Previous Post Next Post