Tertibkan Pedagang. Kali Ini, Agar Pasar Raya Padang Terlihat Rapi

Realiatakini.com-Padang
Puluhan personil Satpol PP yang dikomandoi Kepala Satpol PP Dian Fakri, mengangkat lapak pedagang yang notabene berjualan buah di lokasi itu. Pedagang terlihat pasrah ketika alat dagangannya diangkut. Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Endrizal, mengawasi jalannya penertiban.  Hal ini lakukan agar Pasar Raya Padang tertata dan terlihat rapi, Pemerintah Kota Padang menertibkan pedagang. Kali ini, pedagang di kawasan jalan Pasar Raya yang ditertibkan, Senin (29/5) pagi. Kawasan itu nampak tak "berkendai-kendai" lagi

Sekitar 48 pedagang yang "menggalas" di lokasi itu akhirnya ikut mengamankan barang dagangannya. Sebenarnya, seluruh pedagang telah beberapa kali mendapat surat peringatan oleh Dinas Perdagangan, namun surat tersebut diabaikan.

"Prinsipnya kita menata pasar agar lebih baik. Tidak ada penggusuran, yang ada penataan," sebut Endrizal. Disebutkan Endrizal, sebenarnya selama ini sudah ada semacam perjanjian dengan para pedagang buah yang ada di Gang Berita maupun di sepanjang jalan Pasar Raya. Namun pada kenyataannya, banyak yang melanggar komitmen yang telah terjalin.

"Dalam perjanjian, seluruh pedagang buah boleh berjualan dari pagi. Akan tetapi kenyataannya banyak yang tidak berdagang buah (yang berjualan)," ungkap Endrizal. Pantauan di lapangan sebelum penertiban, cukup banyak pedagang yang berjualan di lokasi itu. Tidak saja pedagang buah, tetapi pedagang lain, sehingga membuat lokasi ini tidak rapi. Jalan masuk ke Gang Berita maupun naik jenjang ke lantai dua Koppas Plaza pun tersendat karena pedagang.

"Kita sudah layangkan Surat Peringatan (SP) I sejak dua bulan lalu. Bahkan tahun lalu sudah kita beri SP III," terang Endrizal. Endrizal berharap Pasar Raya Padang selalu terlihat rapi. Pihaknya berencana menata dan mencarikan lokasi tempat pindahnya para pedagang buah tersebut.
"Kita akan rapat dengan seluruh pedagang nanti malam. Jadi, kita tidak ingin memaksakan kehendak, tetapi juga mendengarkan suara pedagang, sehingga satu persepsi," paparnya. Sementara Kasatpol PP Padang Dian Fakri menyebut bahwa dalam merapikan pedagang di kawasan itu menerjunkan sekitar 50 personil. Personil Satpol PP nampak cekatan merapikan para pedagang. "Kawasan ini selama ini memang sulit untuk dirapikan," kata Dian.

Dian menuturkan, penataan di lokasi jalan Pasar Raya memang harus dilakukan. Apalagi tak lama lagi akan lebaran. "Selama ini kalau perantau pulang, pasti ini yang pertama kali dilihat. Jadi, apa yang telah dibangun pemerintah selama ini hilang semuanya dengan tidak rapinya di sini," tukasnya.(Wt/Ch)


Previous Post Next Post