Universitas Bung Hatta Terus Mengingkatkan Mutu Sebagai Jalan Untuk Memperoleh Academic Excellence

Realitakini.Com-Padang
Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc melantik serta mengambil sumpah jabatan Prof. Dr. Azwar Ananda, MA, sebagai Rektor Universitas Bung Hatta masa bakti 2017-2021 yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (18/05/2017).

Dengan demikian diusia Universitas Bung Hatta yang ke-36 tahun ini , Prof. Dr. Azwar Ananda, MA adalah Rektor Universitas Bung Hatta yang ke-9, menggantikan Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E., Akt., MBA, CA sebagai Rektor Universitas Bung Hatta masa bakti 2013-2017. Dalam sambutannya, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc menyampaikan terdapat tugas-tugas yang harus segera diselesaikan dalam membangun dan mengangkat citra Universitas Bung Hatta ini. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatan kualitas pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang.

“Universitas Bung Hatta terus mengingkatkan mutu sebagai jalan untuk memperoleh academic excellence. Tentu perlu dukungan dan kerja sama segala pihak dalam memajukan Universitas Bung Hatta,” sebutnya.Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E., Akt., MBA, CA yang telah menyelesaikan masa baktinya sebagai Rektor Universitas Bung Hatta. Telah banyak masukan dan perkembangan yang telah diberikan pada institusi ini hingga memperoleh Akreditasi Insitusi Perguruan Tinggi.

“Kepada rektor yang baru selamat bertugas sehingga program kerja yang sesuai dengan visi dan misi kampus dalam terlaksana. Yayasan akan terus mendukung program kerja yang telah dirancang oleh rektor yang baru ini,” tambahnya.Sementara itu, Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. H. Zuiyen Rais MS menyampaikan hal yang serupa agar Universitas Bung Hatta terus meningkatkan kualitasnya sehingga semakin unggul dan bermartabat. 

“Terdapat beberapa program pengembangan mulai dari peningkatan kemampuan bahasa Inggris, menguasai IT yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, pembukaan program vokasi, percepatan dosen yang memperoleh gelar doktor dan profesor. Selain itu juga yayasan merencanakan akan membangun Bung Hatta Tower di Kampus Proklamator II,” sebutnya.Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA menyampaikan Universitas Bung Hatta adalah perguruan tinggi yang sudah berusia 36 tahun, sudah matang, memiliki modal sosial, ekonomi dan nama besar di Sumatera Barat. Universitas Bung Hatta memiliki fakultas dan prodi yang bernilai jual tinggi yang tidak berbeda dengan universitas-universitas besar lainnya di Indonesia.

“Fakultas dan prodi yang bernilai jual tinggi dan bisa diunggulkan dan sangat dibutuhkan dalam pembangunan secara nasional dan internasional. Semuanya punya potensi untuk berkembang dan menjadi rujukan dalam pengembangan keilmuan dibidangnya,” imbuhnya guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang ini.Ia mengatakan oleh sebab itu pengembangan Universitas Bung Hatta empat tahun ke depan, harus meletakkan skala prioritas agar prodi-prodi unggulan memperoleh akreditasi A dari BAN PT dan apabila prodi tersebut sudah mendapat akreditasi A, langkah selanjutnya kita akan berusaha mendapat pengakuan internasional.

“Unversitas masa kini dan masa depan harus dikelola dengan pendekatan coorporate mangement. Produk Universitas Bung Hatta adalah the best services atau servis prima. Tujuannya hanya satu yaitu memauaskan pelanggannya yakni para mahasiswa, para orang tua, pemerintah daerah dan semua pihak yang membutuhkan layanan dari Universitas Bung Hatta,” sebutnya.Berdasarkan ide-ide yang terdapat dalam pendahuluan dan pokok-pokok pikiran dalam pengembangan universitas, maka Azwar Ananda sebagai rektor baru memiliki cita-cita dalam mengembangkan Universitas Bung Hatta mulai dari meningkatnya jumlah mahasiswa hingga 20.000 orang, adanya pembukaaan 5 program studi baru sarjana(S1), terlaksananya pembukaan 5 program studi magister (S2) dan adanya 5 (lima) program doktor (S3).

Kemudian terwujudnya 50% dosen Universitas Bung Hatta berkualifikasi Doktor (S3), terwujudnya 15% dosen Universitas Bung Hatta berjabatan guru besar/profesor, meningkatnya 15% publiksi terindeks Scopus, terwujudnya 45% program studi yang terakretasi A hingga Universitas Bung Hatta terakreditasi A pada tahun 2021.“Dalam mewujudkan mimpi tersebut kita akan melibatkan semua pihak secara profesional dan proporsional yang melibatkan semua dosen, tenaga kependidikan dalam membangun Universitas Bung Hatta secara bersama-sama. Bersama kita bias,” ujarnya.Dalam acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan Yayasan Pendidikan Bung Hatta dan rektor Perguruan Tinggi swasta maupun negeri, perwakilan pemerintahan Provinsi dan Pemerintahan Kota Padang, insitusi mitra kerja serta keluarga besar Universitas Bung Hatta (wt/Sg)

 

Previous Post Next Post