Yulisman : Pemko Harus Tidak Distributor Penimbun Bahan Pokok

 Realitakini.Com-Padang
Harga bahan pokok di pasaran rentan sekali naik  memasuki bulan suci ramadhan hal tersebut biasanya dikarenakan ulah distributor-distributor permainan atau spekulan terkait aksi penimbunan dan permainan harga sembako sehingga mengakibatkan kekosongan pasokan bahan yang dibutuhkan para masyarakat.Menyikapi hal ini Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Padang Yulisman mengatakan, jelang ramadhan 1438 H 2017 M .Pemko Padang melalui Dinas Perdagangan melakukan pengawasan ke distributor-distributor terkait agar aksi penimbunan dan permainan harga sembako jelang masuknya ramadhan tidak terjadi.. 

Hal ini dilakukan agar kekecewaan masyarakat atas kenaikan harga dan  kekosongan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat tidak terjadi Pemko harus mengambil sikap terkait hal ini, demi mewujudkan kenyamanan dan menghindari persoalan baru yang akan timbul nantinya, ” ujar Yulisma Rabu (10/5). Selain itu pihaknya bersama pimpinan Komisi II DPRD Padang beserta anggota lainnya siap turun kelapangan dalam waktu dekat bersama denagan Dinas Perdagangan untuk meredam agar tidak terjadinya kenaikan harga agar berlarut-larut terjadi ,”ujarnya.

Kepada Pemko Padang melalui pihak terkait untuk dapat memberikan teguran serta sanksi kepada para distributor yang kedapatan melakukan penimbunan serta memainkan harga sembako jelang datangnya bulan ramadhan, ini dilakukan agar pengusaha jera serta takut mengulangi perbuatannya kembali.

Disamping itu juga, Pemko bersama instansi terkait diharapkan duduk bersama dengan Komisi II terkait penyelesaian persoalan ini, pihaknya bersama pimpinan siap menfasilitasinya, demi mewujudkan kenyamanan masyarakat serta menghindari kegelisahan terkait rentannya kenaikan harga di bulan ramadhan, ” katanya. Kemudian Dinas Perdagangan Padang diharapkan melakukan operasi pasar terkait hal ini, demi membuktikan keresahan warga saat ini serta menghindari kegelisahan para konsumen,” ujarnya

Sementara Anggota Komisi II lainnya Azirwan,  meminta kepada para masyarakat untuk dapat melaporkan pelaku usaha atau pedagang yang sengaja menimbun dan memainkan harga sembako jelang ramadhan, ini demi mengurangi kebebasan para pelaku dalam hal itu serta mengurangi kekecawaan para konsumen dalam memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal mengatakan, kita sudah wanti – wanti kepada distributor kebutuhan pokok ini agar tak menaikkan harga barang seenaknya. Karena itu bisa dipidanakan sesuai ketentuan hukum yang baru,” sebut Kadis Perdagangan Kota Padang Endrizal, kemarin. Untuk meminimalisir terjadinya penimbunan dan permainan harga, sebut Endrizal, pihaknya saat ini selalu memantau ke lokasi gudang- gudang distributor. Kita lakukan sidak untuk memastikan tidak ada permainan penimbunan barang sehingga terjadi kelangkaan.

“Kita akan pantau langsung ke lapangan, bagi yang kedalatan langsung diproses,” katanya.

Jika menemukan lonjakan harga yang cukup signifikan, warga diminta menyampaikan hal tersebut pada petugas Dinas Perdagangan, sehingga bisa dicarikan penyebab dan solusinya. Petugas kita akan selalu memantau gejolak harga – harga dilapangan setiap hari. Kalau ada yang bermain kita akan langsung turun untuk melakukan tindakkan dan sampai saat ini belum ada kenaikkan harga yang signifikan, (Wt)

Previous Post Next Post