Emnu Azamri Ketua Pansus Tanggapi pengaduan masyarakat tentang Transmart

Realitakini.com -Padang
Wakil rakyat itu mempertanyakan soal pengurusan izin prinsip dibuat oleh Bappeda dan ditandatangani oleh Walikota, apakah ada atau tidak persetujuan masyarakat.  Ia juga mendengar ada isu tentang akan ditampungnya semua keinginan masyarakat sekitar serta adanya back up aparat soal parkir. Dewan hanya ingin mengantisipasinya karena lahan Transmart berada pada kawasan pusat perkantoran.Koordinator Pansus I DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra mempertanyakan soal indikasi penyimpangan oleh pihak Transmart terhadap izin yang diberikan Pemko Padang. Hal itu diungkapkannya ketika kunjungan lapangan Pansus I  ke Transmart, Jumat (22/9/2017).

Wahyu mempertanyakan apakah ada unsur kesengajaan pengaturan parkir di luar dari pekarangan Transmart, bukannya di dalam dan dimasukkan ke basement yang telah ada. Pasalnya, terutama pada hari – hari libur, kunjungan melimpah akibat banyaknya kendaraan parkir di luar area Transmart. Hal itu sangat mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan raya maupun trotoar yang dijadikan lahan parkir. Ini tentunya juga mengakibatkan PAD Kota Padang akan berkurang," katanya.

Selain itu, Wahyu mempertanyakan soal pihak Transmart yang memotong pohon pelindung, apakah ada surat dari Transmart dan sisa kayu itu ditaruh di mana? "Seperti penbangan pohon pelindung di Jalan Dobi, terlihat sisa pohon itu dijual pada orang lain dan diolah menjadi meja. Sementara, biaya penanaman dan pemeliharaan pohon sangat tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Amrizal Hadi menanyakan masalah parkir di mana bisa saja pihak pihak Transmart mengurangi tarif per jam sesuai kesepakatan. "Mungkin masalah tarif per jam ini yang menjadi kecendrungan masyarakat untuk parkir di luar Transmart," ujarnya.

Azirwan menyampaikan polemik keberadaan Transmart bahwa Dinas PUPR baru akan merencanakan merubah peruntukan kawasan tersebut dan jelas keberadaan Transmart sudah melanggar RTRW. Ia meminta agar semua izin terkait Transmart dilengkapi dan diserahkan pada dewan. Kemudian pihak DPRD agar membuka kesempatan pada manajemen Transmart untuk menjelaskan apakah  ada indikasi permainan Satpol PP dan Dishub.

Emnu Azamri sebagai Ketua Pansus I menanggapi pengaduan masyarakat hukum kausalitas mengatakan, dengan banyaknya pengaduan masyarakat disarankan pihak Transmart membuat surat pada dewan dan menjelaskan secara detil.,Menyikapi semua pertanyaan Pansus I DPRD Padang itu General Manager Transmart, Aris  menyampaikan bahwa  seluruh pertanyaan dari wakil rakyat akan dikoordinasikan dengan pimpinan pusat dan berjanji dalam waktu dekat akan mengkonfirmasikannya kepada dewan. (wt*)
Previous Post Next Post