Adi Saputra, A.Mae, S.Sos : Burung Kuau Suara Lantang jadi Lambang HPN Sumbar

Realitakini.Com. Sumbar  
Bertepatan akan di lakasanakannya Hari Pers Nasiional (HPN)yang akan diperingati pada 9 Pebruari 2018 di Sumatera Barat, Kepala UPTD Museum Adityawarman, Adi Saputra, A.Mae, S.Sos, yang didampingi staf dan Bendahara Museum Vandrowis Darwis mengadakan jumpa pers dengan  sejumlah wartawan TV, Eletonik dan media cetak  di lantai dua Museum Adityawarman, Rabu (29/12/2017),
Dalam kesempatan konferensi pers ini Kepala UPTD Museum Adityawarman, Adi Saputra, A.Mae, S.Sos,  memaparkan, menjelang   HPN  kita akan mengadakan pameran yang akan di gelar pada tangal 1 Desember  nantiknya  yang bertema,” Sejarah Pers Nasional Di Minangkabau,” ujar Adi Saputra.Dan kita pun sudah menumukan HPN kila Kali ini yaitu Burng Kuau mengapa brung kuau? Konon kabarnya brung kuau mempunyai suara yang lantang  ,”ujar Adi Saputra. 

“Pameran Pers akan dilaksanakan pada Hari Jumat (1/12) yang akan dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, usai sholat jumat dengan mengangkat materi “Tumbuh kembangnya Pers di Sumatera Barat,” kata Adi Saputra selaku Kepala Museum Adityawarman selama kegiatan pameran nantinya, Museum Adityawarman menampilkan sebanyak 82 koleksi, terdiri dari 59 suratkabar dari masa ke masa, 12 benda penunjang pers seperti kamera, mesin tik, telepon, radio, serta recorder atau alat perekam suara. Kemudian dipamerkan juga foto sederet Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar dari masa ke masa, dokumentasi kegiatan kewartawanan Adinegoro, koleksi filateli, serta buku dan piagam penghargaan pers. 
.Karena Pameran pers ini menjadi momentum untuk mengenalkan sejarah dan perjalanan pers Sumbar beserta tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangannya kepada generasi muda, khususnya di Sumbar. Selain itu museum mengharapkan pameran pers yang diselenggarakan dapat menjadi sarana edukasi dan hiburan bagi seluruh pengunjung," paparnya.
Hendaknya dalam perselipnya unsur "kekinian dalam kekunoan" dalam pameran ini juga dapat mengubah imej museum yang monoton dan kaku, sehingga mampu meningkatkan semangat dan antusiasme generasi generasi muda untuk berkunjung dan belajar di museum. Adi Saputra menjelaskan , pameran sudah dipersiapkan selama dua bulan ini, dan kita mengajak masyarakat untuk berame-rame datang menyaksikan pameran tersebut.
Pada pameran yang akan di laksanakan hingga Mei 2018, Museum Adityawarman berupaya untuk menyajikan paparan terbaik yang merangkum sejarah Pers Minangkabau secara keseluruhan.Foto Ketua PWI Sumatera Barat masa ke masa, dokumentasi kegiatan kewartawanan Adinegoro, Filateli, serta buku dan piagam penghargaan Pers. Adi Saputra berharap pameran ini dapat menjadi sarana edukasi, dan hiburan bagi seluruh pengunjung, kita mengundang museum dari daerah lain untuk meramaikan dan menyukseskan pameran dalam rangka memperingati HPN 9 Pebruari mendatang,”jelasnya. (Wt)


Previous Post Next Post