Irwan Prayitno :TDS Event Berskala Internasional Petingkatan Kunjungan Wisatawan

Realitakini.Com –Padang 
 Sebanyak 108 orang pebalap sepeda dari 19 tim di 28 negara di dunia ikuti Tour de Singkarak (TdS) 2017 etape satu di lepas  Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Kementerianm Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta wakil Bupati Datar Zuldafri  di halaman Istano Basa Pagaruyung Batusangkar, Sabtu (18/11).

Irwan Prayitno mengaku bangga akan peningkatan kunjungan wisatawan yang ditimbulkan dari event berskala internasional itu. Terutama kabupaten Tanah Datar yang dipilih sebagai lokasi grand start opening TdS pada tahun 2017.

“Tidak dapat dipungkiri dampak TdS telah berhasil menarik investor dan kunjungan wisatawan ke Sumbar, bahkan pembangunan sarana prasarana juga mengalami kemajuan. Terutama untuk Tanah Datar saat ini telah ada hotel bintang 4 Emersia. Kita apresiasi kabupaten Tanah Datar,” ujarnya.Tak hanya itu, gubernur Sumbar itu menyebut TdS memberikan kesempatan kerjasama yang baik dengan Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat, “kita perlu bersama mempertahankan TDS sebagai icon Sumbar, sebagai daya tarik dan kebanggaan masyarakat,” sebutnya.

Hal senada juga dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuty pada kegiatan Grand Opening TdS sebelumnya. Ia menyebut TdS merupakan event pariwisata terbesar di Indonesia dan juga merupakan kebanggan Indonesia yang patut dipertahankan.

“Diharapkan pemerintah daerah dan masyarakat dapat mengemas ini sebagai kekuatan ekonomi yang baik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pariwisata adalah industri paling murah dan mudah, meningkatkan devisa dan menumbuhkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” sebutnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma juga mengungkapkan kebanggaannya karena Tanah Datar telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksana grand opening start TdS 2017.

“Kami sangat bangga terhadap event ini, disamping memberikan dampak perekonomian yang baik untuk masyarakat juga telah membawa nama baik Singkarak ke pentas internasional,” ungkapnya dengan bangga.

Pada etape satu ini, para pebalap dari 28 negara itu melewati rute yang dimulai dari start Istano Basa Pagaruyung – Pasar Batusangkar – Pasar Simabur – Batipuh – kota Padangpanjang – Padang Pariaman – Kayu Tanam – Sicincin – Pasar Mudiak Lubuk Alung dan finish di Lapau Panjang Cimpago Patai Padang dengan jarak tempuh rute 109,3 Km(wt/Kb12)
Previous Post Next Post