Pembalap Iran, Khalil Khorshid Juarai Etape 8 Tds 2017

Realitaini.com -Agam 
Kelok 44 yang berlatar keindahan Danau Maninjau dan merupakan salah satu ikon Tour de Singkarak (TdS) benar-benar bersahabat dengan pembalap Iran, terbukti Khalil Khorshid mampu menjadi yang terbaik pada etape delapan dari Lembah Anai dan finis di Embun Pagi, Agam, Sumatera Barat, Sabtu (25/11).

Bagi Khalil, kemenangan yang diraih ini merupakan yang pertama selama TdS 2017 digelar. Selama ini dirinya selalu berada di bawah bayang-bayang rekan satu timnya, Ghader Mizbani. Namun, juara tiga kali TdS ini harus mengundurkan diri pada etape lima setelah tidak mampu menahan cedera yang dideritanya pada etape dua.

Rasa bangga terlihat jelas saat Khalil menerima medali kemenangan yang diserahkan di atas podium di Muara Maninjau Resort, yang keberadaannya berhadapan dengan Danau Maninjau. Apalagi pada etape delapan ini ia diapit dua pembalap Sapura Pro Cycling Team Malaysia asal Columbia, Wilmar Jahir Peres Munos dan Victor Nini Corredor.Pembalap dengan nomor start 45 ini menyelesaikan balapan sejauh 145 km dengan catatan waktu 03:37:12 atau unggul 16 detik dengan pembalap yang berada di belakangnya. Khalil mengakui jika etape delapan ini cukup berat termasuk dengan persaingan selama kejuaraan berlangsung.

"Balapan etape ini cukup berat. Tapi tim sangat mendukung sehingga mampu menjuarai etape ini. Hasil yang luar biasa," kata Khalil Khorshid usai menerima medali kemenangan.Apa yang diraih oleh Khalil di etape delapan ini membuat dirinya mengambilalih Yellow Jersey atau pimpinan kejuaraan dari Daniel Whitehouse. Pembalap dengan nomor start 45 ini mampu membukukan total catatan waktu 27:‪12:23‬.

Selain mengambilalih Yellow Jersey, Khalil Khorshid juga mempertahankan predikat raja tanjakan (Polka Dot Jersey) dengan 92 poin. Pembalap yang berada di belakangnya Wilmar Jahir Peres Munos dari Sapura Pro Cycling Team dengan 71 poin.

Dengan menyisakan satu etape dari Pasaman menuju Bukittinggi, Minggu (‪26/11‬), Khalil dan tim mengaku akan terus mempertahankan posisi yang dipegang saat ini. Apalagi selisih waktu dengan pembalap posisi dua klasemen umum yaitu Daniel Whitehouse hanya 48 detik.Untuk predikat raja sprint (Green Jersey) tetap dipegang oleh pembalap asal Jerman, Robert Muller. Pembalap dari tim Embrace The World Cycling ini mampu membukukan 77 poin dan pembalap di bawahnya adalah Imam Arifin dari KFC Cycling Team dengan 55 poin.

"Saya senang dengan balapan hari ini. Apalagi saya bisa mempertahankan Green Jersey. Apalagi saya bisa finis di ketinggian bersama dengan pembalap yang mempunyai spesialisasi tanjakan," kata Robert Muller.

Sedangkan pembalap Indonesia tercepat (Red White Jersey) hingga etape delapan ini tetap dipegang oleh Jamal Hibatulloh dari KFC Cycling Team. Pembalap asal Sumedang ini membukukan total waktu 27:24:48 atau selisih lima menit 11 detik dengan rekan satu timnya, Agung Ali Sahbana yang berada di posisi dua.Kelok 44 merupakan rute ikonik TdS, dengan kondisi jalan menanjak disertai kelokan tajam sebanyak 44 kelokan serta berlatar pemandangan Danau Maninjau menjadikan rute ini tantangan berat bagi pembalap.Kelok 44 menjadi spot paling menarik menikmati keindahan Danau Maninjau, terutama di kelok 23 hingga kelok 39. Di sekitar area inilah pemandangan bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah nan subur terlihat sangat indah.
Berikut klasemen TdS 2017 hingga etape delapan :
Klasemen Umum (yellow jersey)
1. Khalil Khorshid (Tabriz Shahrdary Team) 27:‪12:23‬
2. Daniel Whitehouse (CCN Cycling Team) 27:‪13:11‬
3. Yonnatta Alejandro Monsalve (Qinghai Tianyoude Cycling) 27:‪21:41‬
Klasemen Sprint (Green Jersey)
1. Robert Muller (Embrace The World Cycling) 77 poin
2. Imam Arifin (KFC Cycling Team) 57 poin
3. Daniel Whitehouse (CCN Cycling Team) 51 poin
Klasemen Tanjakan (Polka Dot Jersey)
1. Khalil Khorshid (Tabriz Shahrdary Team) 92 poin
2. Wilmar Jahir Peres Munos (Sapura Pro Cycling Team) 71 poin
3. Loic Desriac (Bikelife-Dong Nai) 56 poin
Klasemen Pembalap Indonesia (Red White Jersey)
1. Jamal Hibatulloh (KFC Cycling Team) 27:24:48
2. Agung Ali Sahbana (KFC Cycling Team) 27:29:59
3. Abdul Soleh (BRCC Banyuwangi) 27:32:47(wt*sb)
Previous Post Next Post