Wabup Ajak Jajaran Kemenag Menjadi Duta Penebar Kedamaian

Realitakini.com –Tanah Datar 
Hari ini, hari paling membanggakan bagi keluarga besar Kementerian Agama. Pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan. Pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-72 Tahun 2018 di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Rabu (03/1/2018).Wabup Zuldafri yang membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI, menyampaikan ungkapan selamat HAB ke 72 di manapun bertugas dan mengabdikan dirinya. “Selamat memperingati HAB, karena Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani dan melindungi semua pemeluk agama di NKRI, semoga pengabdian kita semua selalu mendapat ridha Allah SWT.” sampainya.

Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. dan melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait.

“Bagi apartur Kemenag mempunyai Misi mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama” kata Wabup Zuldafri.Menteri Agama RI dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Zuldafri menyampaikan tema HAB Kemenag Tahun 2018 adalah "Tebarkan Kedamaian". Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia, Kedamaian akan membawa kebahagiaan, jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan.

“Karena itu, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera.” kata Menag dibacakan Wabup.

Upacara dihadiri Forkompimda Tanah Datar, Rektor IAIN Batusangkar, Sekda bersama OPD Lingkungan Pemda Tanah Datar, Kepala Kemenag Tanah Datar beserta jajarannya.Upacara di akhiri dengan penyerahan penghargaan piagam tanda jasa kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag atas pengabdiannya sebagai abdi negara dan masyarakat.(Hms)
Previous Post Next Post