Latest News

Persoalan KEK Di Mentawai Tidak Ada Kaitanya Dengan Kawasan Mandeh

Realitakini.com-Padang
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Nasrul mengatakan persoalan KEK di Mentawai tidak ada kaitanya dengan Kawasan Mandeh, menurutnya saat ini sistem yang dipakai adalah paralel. "Mandeh saat ini tanah sudah diselesaikan, nanti Menkomaritim akan mencarikan investornya karena sampai sekarang investornya belum dapat, kita menyelesaikan masalah tanah, saya dapat informasi sudah ada pembebasan hak. Jadi proyek KEK Mentawai tidak bisa dipindahkan ke Kawasan Mandeh karena masing-masing memiliki potensi yang berbeda," katanya

Ia menambahkan ,”izin lingkungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mentawai masih diproses Gubernur. Hal itu dikatakannya usai menerima sekira 30-an mahasiswa dan masyarakat Mentawai yang melakukan aksi demo menolak rencana KEK di Kantor Gubernur, Jumat (11/5).

"Belum ada izinnya dari Pemerintah Provinsi, sedang proses, baru mendapatkan dokumen pada Sabtu dan Rabu kemarin dan baru diserahkan ke 10 OPD. Tugas mereka adalah untuk meneliti satu persatu sesuai dengan kewenangannya, seperti masalah tanah, kelautan, perhubungan, kehutanan. Jadi sekarang belum bisa kami jawab apakah KEK ini bisa kita teruskan ke Jakarta walapun di Jakarta karena ini prioritas nasional sudah dibahas, di sini juga dibahas tentu apa yang disampaikan masalah perencanaan ini perlu clear and clean," katanya.

Mantan Bupati Pesisir Selatan ini menambahkan, 15 Mei nanti dia akan memimpin rapat KEK dan soal ini tadi akan menjadi salah satu topik pembahasaan. "Pada saat nanti kita bahas masalah tersebut sebelum rekomendasi gubernur akan dikeluarkan untuk disampaikan ke Dewan KEK," katanya. (nawgg/wt)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Realita Kini Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.