Latest News

Wagub Nasrul Abit: Kita Memang Beragama Dan Akidah Namun, Bernegara Harus Ada Toleransi


Realitakini.com-Bukittinggi.
“Saya bisa merasakan apa yang dirasakan saudara kita di sana (Surabaya) kita prihatin, teror bom bunuh diri, tidak ada satupun agama di dunia ini yang mengajarkan demikian,” sisip Nasrul Abit di sela sambutannya saat membuka Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar se-Sumatera Barat Tahun 2018 dengan tema “Menyamakan Persepsi dalam Merumuskan Langkah-Langkah Operasional Pelaksanaan Tugas Satpol PP dan Damkar di Sumbar” di Hotel Royal Denai, Kota Bukittinggi (14/5). Sekali lagi saya menyatakan ikut prihatin dan sedih atas kejadian teror bom Surabaya yang menelan korban jiwa dan meresahkan masyarakat di Surabaya, “kata Nasrul Abit 

“Kita memang dalam beragama tidak bisa diubah. Akidah jangan sampai berubah. Namun, bernegara harus ada toleransi dan agama kita toleran. Mari kita sama-sama toleransi agar negara ini tetap utuh bersatu dan aman dalam  binkai NKRI.”

Ditambahkan Nasrul Abit, ajaran agama baginya mutlak tak bisa diubah siapapun dan merupakan hak pribadi, keimanan masing-masing orang dalam menjalan ibadahnya. Sementara bernegara, membutuhkan toleransi karena negara adalah wadah yang menampung ragam warna, rupa, budaya, bahkan agama. Bertoleransi, juga merupakan bahagian dari kita menjalankan ibadah agama kita masing-masing, saling menghormati, menghargai dan saling menjaga kerukunan antar sesama anak bangsa.

Wagub Nasrul Abit pada kesempatan tersebut meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk berperan aktif mencegah terjadinya teror dengan cara melakukan deteksi dini dan penindakan jika memang dibutuhkan.Walaupun hal itu bukan wewenang dan tugas pokok Satpol PP  ,kata Nasrul Abit, akan tetapi, terorisme dapat berdampak pada rusaknya ketertiban umum.,”ujarnya.

Ketertiban umum, dalam hal ini, adalah titik iris yang membuat Satpol PP dapat mengambil peran sesuai tugas dan fungsinya.“Memang bukan kewenangan kita (Satpol PP), tapi kita harus peduli. Jika menemukan orang-orang yang mencurigakan, laporkan saja,” katanya
.
Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan dalam menyambut bulan ramadhan 1439 H di Sumatera Barat, agar bersama-sama menjaga kedamaian, ketentraman, dilingkungan kita masing-masing, jika ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak berwajib.Semoga Sumatera Barat selalu dalam lindungan Allah SWT, dan masyarakatnya selalu mendapat hidayah dan berkah dari Allah SWT, Aamin, ujar Narsul Abit  (Pps/wt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Realita Kini Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.