Gubernur Sumbar : Inovasi Adalah Kunci Kemajuan


Realitakini.com-Padang 
“Kami siap memfasilitasi dan mendukung semua inovasi perguruan tinggi,” ujar Irwan Prayitno saat membuka secara resmi acara 2nd International Conference on Technology, Innovation, Society, and Science to Business (ICTIS-S2B) dengan tema High and Smart Technologies for Future Societies, yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Padang (ITP) bekerjasama dengan University of Applied Sciences di Hotel Grand Inna Muara, Rabu (25/7).

 Lebih lanjuat Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyatakan, “Sumbar terbuka untuk setiap inovasi teknologi yang dikembangkan perguruan tinggi, baik negeri, swasta, maupun asing. Keterbukaan tersebut, sambungnya, dalam rangka mengakselerasi laju Sumbar menuju provinsi madani dan sejahtera.Atas dasar itu, ia menegaskan Pemprov siap memfasilitasi dan mendukung ragam inovasi yang dikembangkan Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut Gubernur menjelaskan, inovasi adalah kunci kemajuan. Baginya, segala sesuatu yang bergerak stagnan dan monoton tanpa inovasi akan senantiasa berjalan di tempat.Di sisi lain, sambungnya, inovasi adalah salah satu instrumen paling efektif jika ingin menyiasati keterbatasan sumber daya yang seringkali membatasi gerak entitas apapun untuk berkembang.

Dua manfaat ini saja, walau banyak lainnya, tambah Gubernur, sudah cukup bagi Pemprov Sumbar sebagai landasan untuk menerapkan ragam inovasi dalam pelayanannya, guna mewujudkan -sekali lagi ia sebutkan- Sumbar madani dan sejahtera.

Dikatakannya, “Di pemerintahan pun, Kita laksanakan inovasi baru untuk menuju Sumbar madani sejahtera.”
Rektor ITP, di kesempatan yang sama, dalam sambutannya berharap, 2nd ICTIS-S2B yang ditaja dapat menjadi wadah yang darinya lahir produk-produk pemikiran yang inovatif dan berdaya guna.

“Saya tidak memiliki keraguan sedikitpun bahwa pertemuan ini akan membuahkan hasil yang baik. Kami harap pertemuan kali ini menjadi jalan untuk mengembangkan inovasi-inovasi teknologi,” harapnya.Harapan yang sama juga diutarakan Koordinator Kopertis Wilayah X. Dikatakannya, “Semoga pertemuan ini bisa mendorong terciptanya produk-produk inovasi yang bisa bermanfaat secara global.”2nd ICTIS-S2B yang diagendakan akan berlangsung selama 2 hari 25-26 Juli 2018 diikuti perwakilan dari 10, meliputi: Indonesia, Malaysia, Jerman, Korea Selatan, Amerika Serikat, Rusia, Belanda, Taiwan, Nigeria, dan Jepang.

Sebagai narasumber, penyelenggara menghadirkan empat Pembicara Kunci, yakni Direktur Science-to-Business Marketing Research Centre Jerman Prof. Thomas Baaken, Presiden PT Iltalbi Bara Utama Ilham Akbar Habibie, Direktur Internasional Centre for Transformational Enterpreneurship Prof. Gideon Maas, dan CEO University Industry Innovation Network Amsterdam Arno Meerman.(Pps/wt)

Post a Comment

Previous Post Next Post