460 Kg Bantuan Rending Dari Sumbar Untuk Lombok

Realiatakini.com –Lombok
Bentuk kepedulian sebagai sesama sebangsa dan setanah air Indonesia terhadap musibah bencana gempa bumi yang sedang alami masyarakat Lombok saat ini Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Nasrul Abit serahkan bantuan pemerintah provinsi dan masyarakat Sumatera Barat untuk penanggulangan bencana dan masyarakat korban gempa Lombok pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu, di Media Center Tanggap Darurat Bencana Lombok di Aula Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Rabu  (8/8/2018) malam. Bantuan berupa uang sebesar Rp 350 juta dan Rendang 460 kg tahap 1 simbol dari 1 ton rendang sumbangan masyarakat Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela kegiatan penyerahan bantuan tersebut yang didampingi oleh Ketua Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW), Ny. Wati Nasrul Abit serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar dan disambut Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Ir. H. Rosiady Sayuti bersama Kepala Bappeda NTB, Ir. Ridwan Syah dan pejabat Pemprov NTB lainnya.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit berharap, dengan bantuan ini dapat meringankan beban penderitaan masyarakat korban gempa dalam pemulihan yang dialami, akibat parahnya dampak gempa bumi."Tentunya bantuan yang tidak begitu besar ini belum bisa memenuhi kebutuhan penanggulangan penanganan bencana, namun minimal dapat membantu meringankan dan semoga bisa bermanfaat," harap Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, Pemprov Sumbar akan mengirim tim evakuasi dan penanganan bencana (BPBD) Sumbar dan disamping itu tim relawan kesehatan lainnya ikut turun kelapangan."Gubernur Irwan Prayitno atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat ikut berduka cita atas musibah yang menimpa masyarakat Lombok atas beberapa lokasi, semoga para korban dapat bangkit dan tabah dalam cobaan ini," ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga menghimbau masyarakat Sumatera Barat yang berkeinginan memberikan bantuan berupa rendang, pakaian sekolah, selimut, dan lain-lain dapat menyerahkannya ke Kantor BPBD Provinsi Sumatera Barat untuk menyalurkan kepada korban bencana gempa bumi Lombok ini,Dalam kesempatan tersebut Sekdaprov NTB, Rosiady mengucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya atas penyerahan bantuan dari pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat.

Selanjutnya bantuan ini akan segera didistribusikan kepada yang kena dampak dan berhak menerimanya sesuai kebutuhan, ujarnyaKetua Gebu Minang NTB, H. Jamuris Dt. Bandaro Jambak, ditempat terpisah menyampaikan, data sementara masyarakat Lombok asal minang yang terkena dampak gempa, rumah rusak parah 3 unit dan rusak ringan 9 unit.

Data ini belum final masih akan terus dihimpun sesuai perkembangan karena masih ada daerah yang belum terjangkau dikunjungi karena masih tinggi mobilitas tim evakuasi bencana dibeberapa lokasi. Korban meninggal tidak ada hanya luka-luka ada 7 orang di Lombok Utara."Saat jumlah masyarakat asal minang sekitar 6,000 kk, profesi yang dominan adalah pedagang wiraswasta (pedagang rumah makan dan kelontong), hanya sekitar 5 persen berprofesi sebagai ASN, TNI dan Polri," ujarnya

H. Jamris amat senang dengan adanya bantuan rendang dari kampung halaman Sumatera Barat, yang tentunya dapat membantu korban yang terkena bencana. Khusus rendang ini tentu akan membawa kerinduan dan kebanggaan akan Ranah Minang.Sementara itu bantuan rendang 460 kg yang dibawa kemaren bersama cargo salah satu maskapai nasional terlambat sampai ke Lombok karena overload, rencana baru Kamis (9/8) pagi dikirim pada penerbangan pertama. (Ppswt)

Post a Comment

Previous Post Next Post