Wako Solok Terima Anugerah ABG Award Kategori Penyantun Dari Wakil Gubernur Sumatera

Realitakini.com-Solok Kota 
Walikota Solok H.Zul Elfian menerima anugerah Ayah-Bunda GenRe (ABG) Award kategori Penyantun yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, dalam acara Jambore dan ajang temu kreativitas GenRe dan Perkemahan Bakti Saka Kencana tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2018, bertempat di Camping Ground Kandih Sawahlunto, Rabu (29/8)
.
Penghargaan kategori penyantun tersebut, merupakan urutan tertinggi dari penghargaan ABG Award Provinsi Sumatera Barat. Zul Elfian menerima itu karena telah menunjukkan komitmen, dukungan dan ketokohannya dalam meningkatkan partisipasi remaja dalam program kesehatan reproduksi (GenRe), serta membangun karakter remaja untuk meraih bonus demografi dan Indonesia Emas.Hadir pada kesempatan itu, Ketua Kwarda Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat H.Nasrul Abit, Walikota Solok H.Zul Elfian, Kepala Daerah tetangga, Wakil ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra,Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka se Sumbar, Para peserta, pembina, serta pendamping.

Syahrudin kepala BKKBN Provinsi Sumbar sebagai ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan rasa
terimakasih kepada kakak KaKwarda 03 Sumbar yang telah berkenan hadir, serta ucapan selamat kepada KaKwarda yang telah mendapat penghargaan tertinggi pramuka dari Kwartir Ranting Nasional, yakni Lencana Melati.

Kegiatan ini diikuti oleh 500 orang peserta dari 17 kabupaten/kota, Kabupaten Mentawai dan Kota Payakumbuh absen. Selanjutnya, program GenRe merupakan salah satu program dari Bkkbn guna menghadapi masalah remaja, saat ini proporsi remaja yang besar tentu berpengaruh. Usia 10-24 tahun diberikan GenRe guna menyiapkan rumah tangga, pendekatan yang dilakukan yakni melalui wadah PIK Remaja dan Pramuka Saka Kencana yang ada di sekolah ataupun kampus.

Tiga gerakan GenRe yang dilakukan ialah tidak menikah di usia anak, tidak melakukan penyimpangan seksual setelah menikah, dan tidak mencoba narkoba. Saka Kencana merupakan wadah dari pramuka untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang rumah tangga. 

Drs Sugiatna,MM perwakilan BKKBN Pusat menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmen dari Provinsi Sumatera Barat yang menunjukkan keseriusannya mengelola usia remaja di Sumbar. Kegiatan yang dilaksanakan kali ini merupakan kolaborasi PIK remaja dan Saka Kencana se Sumbar, dan Provinsi Sumatera Barat merupakan yang terdepan dalam melakukannya.

"Kami apresiasi inovasi cerdas yang telah dilakukan Pemprov Sumbar, ini telah mendahului nasional. Sinergitas antara remaja yang saling peduli, berinteraksi, mengasah kemampuan, dan breprestasi tampak nyata di Jambore ini," sebutnya.

Saat ini, dalam mensosialisasikan program keluarga berencana, pramuka saka kencana merupakan mitra yang sangat strategis. Keterlibatan pramuka ini sarat momentum kolaborasi BKKBN Pusat dengan Kwarnas.

Sementara itu, KaKwarda Sumbar H.Nasrul Abit mengucapkan selamat datang kepada para peserta, pembina dan pelatih kwarcab yang telah berpartisipasi. Selanjutnya, saat ini harapan bangsa bertumpu kepada generasi muda. Pendidikan karakter yang diberikan di pramuka sudah dimulai sejak dini. "Melalui pramuka kita akan terus bersatu menjaga keutuhan NKRI yang baru saja berulang tahun ke 73," sebut Nasrul Abit.Selanjutnya, Nasrul Abit kembali mengingatkan 5 tahap kehidupan yang harus dipersiapkan dengan sangat baik melalui pramuka. 5 hal tersebut yakni melanjutan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat, serta mempraktekkan hidup sehat.( HmsPro).

Post a Comment

Previous Post Next Post