Breaking News
Join This Site
Bamus DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Adakan Konsultasi Dengan DPRD Sumbar

Bamus DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Adakan Konsultasi Dengan DPRD Sumbar

Realiatakini.com- Sumba
Sekretaris  DPRD  Provinsi sumbar  H.Rafles,SH,MM  menerima kunjungan konsultasi Anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kabupaten pesisir terkait optimalisasi tugas dan fungsi kedewanan. Rombongan Bamus tersebut di ketua oleh  Afrizon yang lansung membuka dan memimpin rapat kolsultasi tersebut.

 Seteakah rapat di buka ,Afrizon pimpinan rapat ,mempersilakan H.Rafles  memaparkan apa betul funsi dan tugas dari Bamus.  Dalam kesempatan tersebut H.Rafles (Sekwan)mengatakan, “Bamus merupakan salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang memegang peran penting, baik DPRD Kota/Kabupaten. Mengingat, sebagian besar keputusan penting yang diambil oleh Dewan harus melalui Bamus terlebih dahulu.
 “Kedudukan Bamus sangat strategis dimanapun, karena peran Bamus ini cukup signifikan. Bamus mempunyai kewenangan untuk menugaskan kepada Alat Kelengkapan Dewan serta meminta pertanggungjawaban dari hasil penugasan yang sudah diberikan kepada AKD,” ujar Rafles di ruang Khusu II  Gedung DPRD Sumbar  Selasa (26/2/2019).

Lebih lanjut Ia menuturkan,” tupoksi dan kewenangan yang dimiliki Bamus DPRD Provinsi sumbar dan DPRD Kota/Kabupaten kurang lebih sama, termasuk kewenangan memperpanjang jangka waktu pembahasan rencana program kerja. Namun, terdapat perbedaan kedudukan, Bamus DPR  terdiri dari unsur pimpinan fraksi, sehingga posisi ini lebih strategis secara politis.

Sementara itu, terkait fungsi Bamus dalam menentukan pelaksanaan jadwal kegiatan Dewan, menurut Rafles, dilakukan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam tata tertib, sehingga berjalan dengan efektif dan efisien. Rapat konsultasi pengganti Bamus dapat menjadi alternatif untuk menggantikan rapat Bamus yang terkadang sulit mencapai kuorum, karena kesibukan dewan,”katanya.

 Ketua Bamus DPRD Kabupatean pesisir Afrizon,  menilai banyak hal yang dapat  dan dipelakari dari DPRD Sumbar  Untuk itu, segala masukan dari diskusi ini akan dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan di DPRD. Pesisir natiknaya ,ujar Afrizon.

 “Rapat Konsultasi pengganti rapat Bamus adalah hal yang baru bagi kami. Kami juga tertarik jika Bamus itu adalah perwakilan setiap fraksi, sehingga tidak semua diputuskan di Pimpinan, sedangkan Pimpinan hanya diwakilkan oleh beberapa fraksi, ini bisa meringankan tugas pimpinan,” ujarnya. (Wt)

Sukseskan Asian Games 2018