Wakil Bupati , Perlu adanya Harmonisasi Tim Musrenbang Kabupaten Dan Tim Kecamatan


Tanah Datar Realitakini.com Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Hadiri Musrenbang kecamatan Lima Kaum hari senin 04/03/2019 bertempat di aula kantor kcamat Lima Kaum kabupaten Tanah Datar.

Hadir dalam acara musrenbang itu Wakil Bupati Zuldafri Darma, Ketua Tim 2 / Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Zulkifli SR, Tim Pembina Musrenbang, Forkompinca, Anggota DPRD Dapil IV Hafitrizal dan Donna, IAIN Batusangkar, Manajemen Hotel Emersia, BUMN/D, Camat V Kaum Afrizal, Wali Nagari dan tamu undangan lain nya

Dalam sambutan nya Camat lima Kaum menyampaikan Anggaran di 5 nagari sebesar Rp. 19.5 Milyar dengan Realisasi Rp. 14,4 Milyar atau 74 persen. Permasalahan  yang ada terlambatnya regulasi-regulasi tentang keuangan nagari, belum maksimalnya pelimpaham sebagian kewenangan bupati kepada camat, minimnya anggaran yang tersedia di kecamatan dan kurangnya aparatur di kecamatan.

Beliau juga menambahkan Usulan prioritas 2020 di bidang insprastruktur pembangunan jalan sirona-sungai jambu, kelanjutan rabat betin jalan lingkar nunang-IAIN - parambahan, pembukaan jalan dari Simpang tigo silabuak-sitakuak-IAIN sampai sonti guguak), bidang  Ekonomi pengadaan alat dan mesin pertanian, Pembangunan jalan baringin ke kubu rajo, pembuatan irigasi dari sawah pulai-kapalo Sonek, Bidang sosial Budaya pembangunan pagar dan pengecoran hal SDN 12 parambahan, Rehabilitasi lapangan bola kaki piliang, pembangunan pagar Gor puskesmas lima kaum 2, Pembangunan Gor balai labuah ateh. Serta pembangunan jaringan irigasi air tabek laweh untuk nagari Baringin agar bisa di rasakan manfaat nya oleh masyarakat.

Sementara itu Anggota DPRD Hafitrizal menyampaikan pandangan nya
Harus dipahami APBD memiliki keterbatasan jumlah, sehingga pembangunan didukung oleh APBN, APBD Provinsi dan dana lainnya.

Wakil Bupati Zuldafri Darma mengatakan Perlu ada komunikasi dan koordinasi denganTim musrenbang kabupaten dengan peserta musrenbang kecamatan untuk harmonisasi. Karena Anggaran yang sampai ke nagari cukup besar dalam beberapa tahun terakhir ke semua sektor, pendidikan, pertanian dan lainnya. dengan catatan Catatan khususnya apakah sudah memberi pengaruh siginifikan terhadap bidang-bidang tersebut, contoh pembangunan bidang pertanian, seberapa besar pengaruhnya terhadap kemajuan pertanian. karna Salah satu kuncinya perencanaan harus baik, perencanaan separo keberhasilan, jika tidak baik berarti turut merencanakan kegagalan dan Acuannya harus mengacu pada RPJMD sesuai target pertahun, anggaran di nagari-nagari termasuk kecamatan harus mendukung pencapaian Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu menjadikan Kabupaten Tanah Datar yang Madani berdasarkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Khitabullah. Dengan d buat program dan kegiatan menjawab permasalahan yang ada di nagari-nagari, sehingga bersifat solusi bukan kegiatan yang tidak sinkron dengan masalah yang ada.

Wakil Bupati juga mengharapkan dukungan masyarakat untuk rencana pembangunan jalan dua jalur dari Simpang Rawang sampai Simpang Manungggal, Beliau juga meminta kepads Camat, Walinagari, Tokoh masyarakat bisa meyakinkan masyarakat karna dengan dukungan semuah akan merubah wajah kota Batusangkar semakin baik.
Dalam meningkatkan destinasy wisata di Tanah Datar pemerintah juga berharap dukungan semuah pihak salah satunya Rencana pembangunan  wahana permainan air di nagari Parambahan bisa terwujud sesuai dengan yang harapkan, karna jenis wisata yang belum ada di Tanah Datar patut didukung untuk meningkatkan kunjungan pariwisata" kata wakil Bupati. ( may)







































Post a Comment

Previous Post Next Post