Breaking News
Join This Site
Irfendi Arbi : TPID Melalui Bursa Inovasi Nagari ,Majukan Nagari

Irfendi Arbi : TPID Melalui Bursa Inovasi Nagari ,Majukan Nagari

Lima Puluh Kota-Realitakini.com
Bupati Lima Puluhkota melalui  Bursa Inovasi Nagari  bekerja sama dengan Tim Program Inovasi Desa(TPID) untuk memajukan nagari dengan tema Basamo-Samo Majukan Nagari   Acara tersebut di hadiri oleh  puluhan peserta,diantaranya,Wali Nagari dan Bamus se kecamatan Lareh Sago Halaban,
Luhak dan Situjuah  Acara ini  dilansungkan di Aula Padang Mengatas kecamatan Luhak,Sabtu (27/07). 

Tampak hadir  dalam acara tersebut Konsultan Pendamping Wilayah II (KPW)  Provinsi Sumatera barat Bapak Khairul Anuar,.S.Hi dan Kabid Pemerintah Nagari Ilda Subbul Huriayati dan Camat Luhak beserta tamu-tamu  undangan lain nya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan,” sesuai nawacita ke tiga Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla, pemerintah berkomitmen untuk membangun Indonesia dari pinggiran. 

Hal itu diwujudkan dengan meningkatkan pembangunan di desa melalui program Dana Desa.  Saya mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama mensukseskan Program Inovasi Desa demi kemajuan nagari, yang tentunya juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat ,”katanya.Nagari harus lebih jeli dan kreatif membaca peluang. Dan berinovasi untuk menciptakan sumber ekonomi baru dengan memberdayakan potensi yang ada di masing-masing nagari,"ujarnya.

Lebih lanjut ia megatakan,”saya yakin, dengan keseriusan dan tekad yang kuat, nagari-nagari yang ada di kabupaten Lima Puluh Kota  akan mampu menjadi nagari yang inovatif.  "Bila kita lihat di desa-desa di tempat lain seperti di Pulau Jawa ,sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dari kita. Namun mereka mampu mengemasnya dengan baik, sehingga melahirkan inovasi inovasi, sehingga banyak orang berbondong-bondong ke sana.
Sekarang kita harus berpikir juga, bagaimana caranya orang-orang di Pulau Jawa tersebut  berbondong-bondong ke daerah kita untuk melihat inovasi yang kita lahirkan dalam memajukan nagari," ungkap Irfendi Arbi

Sementara itu Kadis DPMDN(Dinas Pemberdayaan masyarakat  Desa / Nagari) A.Zuhdi Perama Putra M.Si  dalam sambutannya memapar kan,"di tahun 2019 program Prioritas Dana Desa dapat terlaksana sebagaimana mestinya dan  juga Program Inovasi Desa ini  sedapat mungkin di Replikasi di tahun 2020 nanti serta tujuan Program Inovasi Desa ini Agar Penggunaan Dana Desa dapat dilaksanakan secara Optimal."imbuh nya

A.Zuhdi  juga memaparkan," kita bersama OPD yang ada di Kabupaten Lima Puluhkota juga  akan melakukan kordinasi mengenai Konvergensi Pencegahan Stunting."tutup nya. Di lain pihak ketua Pelaksana ,ketika dimintai tanggapannya oleh awak media, menyampaikan,” Bursa Inovasi Nagari bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah nagari mengenai solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas nagari dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan nagari secara berkualitas," ujar Ajab Saputra yang akrap di sapa Putra itu.

Di tambah kan lagi melalui Program Inovasi Nagari Cluster III yang menggabung kan Tiga kecamatan semoga nagari bisa maju dan mandiri sebagai mana yang telah kita lihat bersama  kecamatan Lareh Sago Halaban sudah ada inovasi cabe akar yang terletak di Nagari Batu Payuang dan selanjut nya Inovasi Pelayanan Nagari di dua kantor Nagari Tanjuang Gadang dan mudah-mudahan ke depannya bisa lebih di contoh oleh nagari-nagari lainnya yang menjadikan nagari yang ber inovasi."harap nya (yudi yusra)

Sukseskan Asian Games 2018