Breaking News
Join This Site
 Pemprov Sumbar ,Terapkan Zonasi  Berdasarkan Jenis Produk Unggulan Dari UKM.Untuk Bersaing Dengan 33 Povinsi Lain Indonesia.

Pemprov Sumbar ,Terapkan Zonasi Berdasarkan Jenis Produk Unggulan Dari UKM.Untuk Bersaing Dengan 33 Povinsi Lain Indonesia.


Realitakini. com – Padang
Pemerintah Provinsi Sumbar terus mendorong promosi produk  Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumbar untuk semakin dikenal. Hal ini sudah dilakukan dari 2018 lalu , melalui kegiatan Smesco Minang Festival. Relaounching kegiatan yang dilaksanakan di kawasan strategis dan daerah bisnis Gatot Subroto Jakarta, telah dilakukan secara resmi  oleh Ketua Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla.
Pemukulan gendang menandai dibukanya re-laounching Smesco Minang Festival 2018
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, kegiatan Smesco Minang Festival 2018  lalu merupakan upaya yang Pemprov Sumbar dalam mempromosikan produk unggulan dari UKM untuk bersaing dengan 33 provinsi lain di Indonesia. Sumatera Barat akan menampilkan wajah baru Produk Unggulan Provinsi dengan menampilkan citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan local heritage dan produk unik
.
"Sumbar memiliki banyak produk unggulan yang dihasilkan UKM di Sumbar. Jika tidak dipromosikan, tentunya produk unggulan Sumbar yang cukup unik dan menarik tentunya sulit dikenal di pasaran," sebutnya
.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat bersalaman dengan Ketua Dekranas Ny. Mufidah Jusuf Kalla pada saat kegiatan Smesco Minang Festival 2018Ia menyebutkan, Sumbar memiliki kekayaan khazanah budaya terutama baju adat di Minangkabau sangat beragam. Diperkirakan lebih dari 800 ragam pakaian adat Minangkabau yang perlu dilestarikan keberadaannya.
"Kami menyampaikan terima kasih kepada ibu Mufidah JK sebagai Ketua Dekranas yang telah hadir langsung, Menteri KUKM yang telah memfasilitasi sarana promosi produk unggulan provinsi Sumbar di Smesco Indonesia, Jakarta. Pada lokasi Smesco Minang Festival ini juga ditampilkan makanan dan sejumlah kuliner Minang," ujarnya.

Acara relaunching Produk Unggulan Provinsi akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi,  dan Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla, serta melibatkan 500 peserta antara lain para ketua Dekranasda Provinsi seluruh Indonesia, dan dinas terkait.Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua Dekranasda Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua Bundo Kanduang  Raudha Thaib, beberapa kepala OPD Pemprov Sumbar, Bupati Walikota se-Sumbar, serta ketua Dekranasda kabupaten/kota di Sumbar, dan sejumlah tokoh perantau minang Jabodetabek juga ikut menghadiri kegiatan tersebut.
Ny. Mufidah Jusuf Kalla saat meninjau produk UKM Sumbar di Smesco Minang Festival 2018 didampingi Ketua Dekranas Sumbar Ny Nevi Irwan PrayitnoKetua Dekranas, Ny. Mufidah Jusuf Kalla mengatakan untuk mengembangkan produk kerajinan daerah, hendaknya tetap mengutamakan pemakaian bahan baku lokal, sehingga kekhasan ciri daerah tersebut, tetap nampak dan tetap unik.
"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bukan karena saya orang minang saya hadir saat ini, namun jika daerah lain menggelar kegiatan ini, maka saya akan hadir juga," ujarnya.

Menteri Koperasi UKM, Puspa Yoga melaporkan, gedung Smesco Indonesia sudah memiliki konsep baru dan telah dijadikan semacam miniaturnya Indonesia yang menyajikan seluruh produk unggulan, termasuk kuliner nusantara.
"
Untuk merangsang daerah memanfaatkan Smesco Indonesia, saya menggratiskan lantai 3 ini. Silakan pakai gratis. Tapi lantai 4 sampai lantai 17 itu ada tarif yang ditetapkan Kemenkeu," terang Menkop Puspa Yoga.

Lebih lanjut Puspa Yoga mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Ny. Nevi Irwan Prayitno Ketua Dekranasda Sumbar yang telah beberapa hari berada di SMESCO mengatur dan menata acara, sehingga acara hari ini berjalan dengan sukses.Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Nevi Irwan Prayitno yang telah berada disini dan bekerja keras menata dan mengatur acara ini. Untuk itu saya ucapkan terima kasih yang mendalam kepada Ketua Dekranasda Sumbar ini," ungkap Puspa Yoga, disambut tepuk tangan hadirin yang hadir lebih dari 500 orang tersebut.
Peninjauan produk UKM Sumbar
Kegiatan ini merupakan langkah strategis promosi produk-produk unggulan UKM Sumatera Barat. Dalam acara ini juga ditampilkan berbagai tarian dan fashion show ragam busana adat dari seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi, relaunching yang dilaksanakan untuk memberikan ruang bagi produk unggulan provinsi menampilkan citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan local heritage dan produk unik. 
Selain itu, Produk Unggulan Provinsi akan menerapkan zonasi berdasarkan jenis produk. Tujuannya, untuk lebih memudahkan pengunjung dalam mencari produk yang dibutuhkan," jelasnya.
Bagi sektor KUKM, Smesco Indonesia merupakan lambang baru dalam pencapaian pengembangan dan pemasaran produk-produk KUKM. Sebagai pusat kegiatan bisnis di Jakarta, Smesco Indonesia menyediakan sarana dan fasilitas modern dan lengkap  bagi konsumen lokal maupun internasional yang ingin membeli produk-produk KUKM Indonesia.

"Selain itu, Smesco Indonesia juga dapat menjadi tempat yang tepat untuk pertemuan, even, pameran, konferensi, belanja ataupun untuk mengetahui perkembangan pasar internasional," pungkasnya.

Sukseskan Asian Games 2018