Breaking News
Join This Site
Polres Limapuh Kota Temukan Ratusan Kg Ganja

Polres Limapuh Kota Temukan Ratusan Kg Ganja

Realitakini.com -LimaPuluhKota
Pasca penemuan narkoba jenis Ganja Kering sebesar 127,8 kg yang dibungkus dalam 135 paket di Jorong Bulu Kasok, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau Rabu (11/07/2019) silam, Polres Kabupaten Limapuluh Kota kembali menemukan 50 kg ganja lagi. Lokasi penemuan ini tidak jauh dari penemuan sebelumnya. Setelah penemuan ganja 127,8 kg kemarin. Kami melakukan pengembangan. Dan beberapa hari setelah itu kami menemukan ganja lagi ganja seberat 50 kg tak jauh dari lokasi sebelumnya. Jadi ganja yang berhasil diamankan sekarang berjumlah 176, 33 kg," sebut Kapolres 50 Kota, AKBP Haris Hadis saat konferensi pers Operasi Antik Singgalang 2019 di Mapolres 50 Kota, Rabu (24/09/2019).

Dalam pengungkapan ganja ini Kapolres mengaku sengaja menyembunyikan informasi ini dari awak media untuk keperluan pengembangan kasus. Alhasil pemilik barang haram ini berhasil dibekuk tak lama setelah ganja 50 kg ditemukan.

"Sengaja kami sedikit tertutup kepada awak media kemarin karena ditakutkan informasi-informasi pengembangan penemuan ganja ini bocor ke tersangka. Sekarang kami publish dan sekarang sudah mengamankan satu orang pemilik ganja ini berinisial H (34)," katanya.

Ia juga mengatakan diduga ganja ini berasal dari aceh yang diangkut dengan kendaraan roda empat dan tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku-pelaku lain.

"Pengakuan tersangka, ganja ini diminta dari Aceh. Peran H ini selain penampung, ia juga pengedar. Beberapa rekannya sedang kami telusuri dimana keberadaannya saat ini," jelasnya.

Dengan ditemukannya ganja sebesar 176,33 kg ini, Kapolres meyakini Kabupaten 50 Kota tengah menjadi pasar bagi penyuplai narkoba dari daerah lain. Karena itu, dirinya butuh peranan masyarakat untuk memberikan informasi terkait jaringan narkoba di Limapuluh Kota ini.

"Berarti Limapuluh Kota tengah menjadi target pasar bagi penyuplai narkoba dari luar. Ini sudah sangat bahaya dan perlu bantuan dari masyarakat agar bersama-sama perang dengan narkoba," ungkapnya.

Selain kasus penemuan ganja ini, Kapolres juga menjabarkan 3 penangkapan pemakai dan pengedar narkoba jenis sabu-sabu di wilayah hukum 50 kota selama 1 bulan terakhir. Masing-masing R yang ditangkap di Harau karena memiliki 0.15 gram sabu-sabu. Kemudian AJ yang ditangkap di Lubuk Alai, Kec. Kapur 9 karena memiliki 7.02 gram sabu-sabu dan AS yang ditangkap di Sungai Antuan, Kec. Mungka karena memiliki 0.3 gram sabu-sabu. (yudi yusra)

Sukseskan Asian Games 2018