Breaking News
Join This Site
Sawahlunto Berbenah Diri Untuk Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya

Sawahlunto Berbenah Diri Untuk Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya

Realiatakini.com- Sawahlunto
Setelah penetapan Visi Misi Tahun 2001, “Menjadikan Sawahlunto Tahun 2020 Sebagai Kota Wisata Tambang yang Berbudaya “,Sawahlunto terus berbenah diri terutama dalam penyiapan sebagai Kota Wisata Tambang yang Berbudaya, rencana kerja hingga tahun 2020 disusun dalam buku Sawahlunto 2020 bersama Lembaga Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung.

 Beberapa Fase target dibuat agar Visi yang telah disusun bersama oleh seluruh elemen Kota dapat terwujud pada tahun yang direncanakan . melalui sidang UNESCO Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia di Kota Baku, Azerbaijan pada Sabtu 6 Juli 2019, Kota Arang Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto) telah secara resmi ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa - Bangsa (UNESCO) sebagai situs warisan dunia atau secara internasional dikenal sebagai World Heritage. 

Dengan diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO ini, maka ke depannya, dampak utama yang akan didapat Sawahlunto adalah peningkatan promosi pemasaran pariwisata ke level internasional. Sebab nantinya, UNESCO dan pihak - pihak internasional terkait lainnya akan melakukan kerjasama dengan Sawahlunto dalam pengelolaan dan pelestarian world heritage ini, dimana bidang unggulan yang akan disentuh adalah bidang pariwisata. Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia Untuk UNESCO (KNIU), Prof. Dr. Arief Rachman mengatakan, selain dampak pelestarian dan edukasi yang lebih sesuai mutu standar internasional, penetepan warisan dunia ini hendaklah memberikan dampak signifikan pula bagi masyarakat setempat, terutama di bidang perekonomian.

Sukseskan Asian Games 2018