Azwar Siri: , Tugas Dan Fungsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ada Tiga

Realitakini,com-Padang 
Terwujudnya peningkatan kesejahteraan ditengah-tengah masyarakat, membantu menciptakan kondisi yang sehat bagi masyarakat. Itulah salah satu tujuan dan niat Azwar Siri, terjun kedunia politik kembali 

"Seperti diketahui, tugas dan fungsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang ada tiga, yang pertama Penyusunan anggaran, kedua  Pengawasan  dan yang ketiga  Penetapan berbagai aturan

Ketiga poin tersebut tentu akan merujuk kepada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. Bisa saja aturan itu kita buat, tapiapakah itu bisa merobah kesejahteraan masyarakat.Bisa saja pangawasan kita lakukan, ada ndak perobahan kepada masyarakat," ungkap Azwar Siri yang beraala dari politsi demokrat , Selasa (20-8-2019).

DPRD bukan pelaksana program, pelaksana program itu adalah pemerintah daerah yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).Bagaimana DPRD berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut. Tentu adanya antara DPRD dengan pemerintah daerah harus menjadi satu kesatuan yang utuh. Harus menjalin kerja sama yang baik. Tidak mungkin bertolak belakang, kerena ujungnya untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat," ulasnya.

Ia menambahkan, karena yang langsung ke masyarakat itu adalah pemerintah daerah. Tapi bukan berarti DPRD adalah orang yang manggut saja ke pemerintah daerah. Akan tetapi, bagaimana DPRD yang mampu menggunakan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal," katanya.

Mantan BKD Kota Padang ini menjelaskan, dalam penyusunan anggaran DPRD harus mengkaji apa yang sudah diusulkan pemerintah daerah betul2 merujuk kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, kalau tidak DPRD harus menolak," tegas Azwar Siri.Penyusunan anggaran adalah kunci awal, kalau itu sudah ditetapkan dalam APBD itu tidak saja milik pemerintah daerah, namun milik pemerintah daerah bersama DPRD.

Disebutkan, salah satu fungsi DPRD adalah melakukan pengawasan, apa yang disepakati tadi itu dilaksanakan tidak. Karena yang disepakati tadi itu bukan hanya sekedar kesepakan, tetapi ada beberapa indikator yang mengikat program tadi.Kenapa itu diprogramkan, karena nanti TAPD menjawab ini adalah sudah sesuai dengan visi dan misi walikota. Harapan terhadap pemerintah daerah adalah ia betul betul merujuk kepada visi dan misi yang sudah disampaikan kepada masyarakat," pungkas Mantan Kepala BKD ini. (*w/tn)

Post a Comment

Previous Post Next Post