TMMD 105 Jatim Siap Masyarakat Terisolir Di Jatim Hadapi Revolusi Industri 4.0


Realitakini.com -Surabaya
Sebelumnya, Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Letkol Arm Imam Haryadi menjelaskan jika pelaksanaan TMMD, bukan hanya sekedar sasaran fisik saja. Namun, terdapat juga program non fisik. Program non fisik, kata Letkol Imam, meliputi beberapa materi pembekalan, penyuluhan hingga pelatihan kreatifitas dan ketrampilan.


“TMMD ini, juga menyiapkan masyarakat untuk siap menghadapi revolusi industri 4.0. Apalagi, industri 4.0 mampu menghasilkan pabrik cerdas,”ungkapnya. “Di dalam pabrik cerdas, berstruktur moduler, sistemsiber-fisik yang mengawasi fisik, menciptakan salinan dunia fisik secaravirtual dan membuat keputusan yang tidak terpusat,” imbuh Kapendam. Rabu, 14 Agustus 2019.



Saat ini, kata Perwira Menengah TNI-AD kelahiran Kabupaten Ponorogo,Jawa Tengah ini, revolusi industri 4.0 tak hanya merambah perekonomiansaja. Namun, terdapat beberapa bidang yang saat ini mulai dijangkau oleh revolusi tersebut, termasuk diantaranya ialah bidang pendidikan.



“Sekarang, Pemerintah menargetkan Indonesia menjadi 10 negara terbesar dan menyerap 10 juta tenaga kerja dan lapangan kerja pada 2030mendatang. Target ini, merupakan bentuk optimisme dalam meghadapi perubahan industri yang terjadi,” ungkapnya.



Perlu diketahui, beberapa waktu lalu, beberapa daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan program TMMD di Jatim, telah menggelar berbagai kegiatan non fisik, termasuk diantaranya pembekalan maupun pelatihan wirausaha.



Pelatihan itu, kata almameter Akademi Militer tahun 1997 ini, bukan hanya sekedar mempercepat roda perekonomian maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah terisolir saja. Akan tetapi, pelatihan itu juga bertujuan untuk mempersiapkan diri masyarakat guna menghadapi perkembangan industri tersebut.



“Melalui pembekalan itu, Satgas TMMD di Jatim berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” jelasnya.



Untuk diketahui, selain Kabupaten Trenggalek, program TMMD ke-105 di Jawa Timur tahun ini, juga berlangsung di beberapa daerah lainnya, termasuk diantaranya Kabupaten Banyuwangi, Sampang, Blitar, Bojonegoro dan Kabupaten Trenggalek. (Pendam V/Brawijaya)



Post a Comment

Previous Post Next Post