Breaking News
Join This Site
Meriahkan HUT Kota Padang Ke 350  Tahun Dan HUT RI  Ke 74 ,Korem 032 Wirabraja Uji  Ketangkasan Supir Angkot

Meriahkan HUT Kota Padang Ke 350 Tahun Dan HUT RI Ke 74 ,Korem 032 Wirabraja Uji Ketangkasan Supir Angkot

Realitakini.com -Padang 
Angkot merupakan salah satu transportasi yang sudah sering melalui jalan di Kota Padang sehingga sudah menguasai kriteria jalan, wilayah, rute dan kesibukan lalu lintas sehingga dapat sebagai mitra sebagai bantuan saat penanggulangan bencana. Danrem Wirabraja Brigjen Kunto Arief Wibowo "Sebetulnya angkot merupakan komponen bangsa yang sebelumnya hanya dikenal sebagai angkutan kota untuk mengantarkan penumpang dan ternyata angkot memiliki nilai strategis yang dibutuhkan oleh banyak orang," ujarnya.
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang  tahun Kota Padang ke-350.  Dan hati jadi  Republik Indonesia ke-74 Tahun Korem 032 Wirabraja Sumatera Barat beserta Pemerintah Kota Padang mengadakan lomba ketangkasan sopir angkot"Kegiatan lomba ini merupakan rangkaian dari acara simulasi gempa dan tsunami yang diadakan beberapa waktu lalu," kata Danrem Wirabraja Brigjen Kunto Arief Wibowo di Taman Imam Bonjol Padang, Rabu.(7/8)
Kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk menjadikan angkot sebagai mitra bantuan pada saat penanggulangan bencana dan juga sebagai duta wisata pada saat kegiatan nasional dan internasional.
Lomba ketangkasan supir angkot tersebut terdiri dari dua kriteria yakni kriteria ketangkasan dan kelengkapan. Penilaian untuk kriteria kelengkapan dinilai dari kelengkapan Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Izin trayek, kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan segitiga pengaman. Selain itu, kriteria ketangkasan dinilai dari peraturan mengemudi yakni kelayakan dan kerapihan supir, pintu kendaraan, fungsi kaca spion, fungsi lampu dan fungsi klakson, dan kemampuan supir angkot saat mengemudi.Lomba tersebut diikuti oleh 30 perwakilan angkot yang ada di Kota Padang dengan mengambil tiga pemenang pada masing-masing kriteria, yakni juara satu kriteria kelengkapan memperoleh Rp4.000.000, juara dua Rp2.500.000, dan juara tiga Rp1.500.000 beserta tropi dan piagam penghargaan.
"Begitu juga dengan kriteria ketangkasan, mendapatkan hadiah yang sama," sambungnya.Setelah acara lomba tersebut ke depannya dari Danrem akan melakukan pertemuan dan pembinaan terhadap supir angkot sebagai relawan bencana, sebagai kemitraan dalam memediasikan wisata, dan menyediakan tempat untuk komunitas supir angkot.Ia juga berharap melalui acara ini ke depannya supir angkot bisa menjadi angkot yang lebih baik lagi, menjadi angkot yang tertib, dan menjadi tranportasi yang menasional.Selain itu salah seorang tokoh masyarakat Zaitul Ikhlas mengapresiasi acara tersebut yang baru pertama kali diadakan di Kota Padang. Ia berharap angkot yang selama ini dianggap sebagai transportasi untuk mengantarkan penumpang mampu menjadi mitra yang baik dalam membantu meringankan pemerintah pada saat terjadi bencana.kata zailtul 
"Sebagai mana yang tertulis dalam slogannya Angmadabana yakni Angkutan Manunggal Daerah Bencana," ujarnya. Acara tersebut juga dihadiri walikota Padang Mahyeldi Anharullah  dan wakil walikota Hendri Septa para pelajar yang ada di kota padang dan ratusan masyarakat Kota Padang . Dikesempatan itu Wali Kota Padang dalam sambutanya mengatakan, " Acara ini adalah yang pertama digelar, Pemko sangat mendukung acara ini guna ketertiban transportasi di Kota Padang, " kata Mahyeldi. Lebih lanjut, Bulan ini adalah hari dimana rakyat Indonesia mengingat akan pengorbanan para pejuang dalam mendirikan negara kita ini. Acara yang dihadiri ratusan anak sekolah yang terdiri dari SD, SMTP dan SMTA , serta sekolah kejuruan di wilayah Kota Padang.
 Mahyeldi pesankan kepada anak-anak supaya rajin belajar, karena masa depan Kota Padang berada ditangan para pelajar di jaman ini.  Dihari yang sama juga dicanangkan Angkot Manunggal Daerah Bencana dan pemasangan stiker pada angkot-angkot oleh Walikota, Danrem, Dandim dan Kapolres Kota Padang. Acara diisi dengan aktrasi  baronsai dan lomba ketangkasan  Para naggota koren 032 Wirabraja (wt*)

Sukseskan Asian Games 2018