Tim Penilai Akreditasi Kementrian Kesehatan Sambangi Puskesmas Tarok

Payakumbuh-Realitakini.com
Pembangunan kesehatan merupakan aspek penting dalam kerangka pembangunan nasional. Tujuan diselenggarakannya pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Guna meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien yang lagi membutuh kan pertolongan dalam dunia medis.Bertempat Di aula kantor Puskesmas Tarok kecamatan Payakumbuh utara kota Payakumbuh,(28/08).Kegiatan Penilaian Akreditasi ini juga di lakukan selama Empat hari,terhitung dari tanggal(28sampai 31 Agustus 2019)

Dalam Kegiatan penilaian Akreditasi Puskesmas Tarok tersebut,Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh  Dr.Bakhrizal, MKM,dalam sambutan nya mengatakan,"Keberhasilan pembangunan kesehatan akan sangat mendukung peningkatan mutu dan daya saing sumberdaya manusia Indonesia.Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional, diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam menyelenggarakan upaya kesehatan dasar. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 menjadi landasan hukum dalam penyelenggaraan Puskesmas, yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten /Kota sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya,"pungkas nya.

Lebih lanjut Bakhrizal Paparkan,"agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal diperlukan adanya pengelolaan organisasi puskesmas secara baik yang meliputi kinerja pelayanan, proses pelayanan, serta sumber daya yang digunakan. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka upaya peningkatan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien di puskesmas serta menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu,"tukuk nya sambil membuka kegiatan tersebut.

Sementara itu kepala Puskesmas Tarok, Sisri Maryanti.SKM kepada awak media Sampai kan,"ntuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh fihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi. Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang  berterhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi,ucap nya.

Di tambah kan lagi,memberikan jaminan kepada pelanggan/masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan oleh puskesmas telah sesuai standar khususnya antara lain ,
Menetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan serta memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan,"ungkap nya

 Semoga dengan Di Akreditasi nya Puskemas Tarok ini mudah-mudah han Terbinanya puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan, mutu dan kinerja yang lebih baik lagi,"harap nya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut puluhan pegawai yang di tugas kan di wilayah Puskesmas Tarok Kecamatan Payakumbuh Utara serta Tim Penilaian Akreditasi tersebut,drg.Ernawati Balia,MPH,drg.Betty Marya dan dr.Renny Meilia Yuliawati.(YY)

Post a Comment

Previous Post Next Post