Breaking News
Join This Site
Para Kuli Tinta Ikuti Pelatihan Jurnalistik Pra UKW

Para Kuli Tinta Ikuti Pelatihan Jurnalistik Pra UKW


Realitakini.com Padang
Setelah sukses mengadakan beberapa kegiatan amal pada HUT  Media Jejak News ke -7,8 dan ke-9, kini  media Jejak News yang berada dibawah PT. Jejak Media Group kembali mengadakan serangkaian kegiatan amal dan pelatihan jurnalistik Pra UKW pada HUT ke 11  Kamis (08/08/2019).Jejak News yang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumbar mengadakan Pelatihan Jurnalistik Pra UKW yang dikuti oleh 70 wartawan dari berbagai media yang ada dari beberapa daerah yang ada di Sumbar.

Dalam sambutan singkat nya Pimpinan Umum Jejak News, Syamsir Burhan ucapkan terimakasih kepada Pimred Jejak News, Ismail Novendra yang telah menggagas acara pelatihan jurnalistik tersebut.Di tambah kan lagi, Syamsir Burhan berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik Pra UKW ini, diharapkan para jurnalis dapat bekerja sesuai dengan arah dan tujuan yang mengacu kepada UU 40/1999 tentang pers dan kode etik jurnalistik,” harap nya

Acara pelatihan jurnalistik Pra UKW yang diadakan di Hotel Mariani itu juga menghadirkan lima narasumber dari PWI Sumbar yaitu, Ir. H. Basril Basyar, MM. Ketua DKP PWI Sumbar, Eko Yanche Edrie. Wakil ketua PWI Sumbar, Zulnadi SH Sekretaris DKP PWI Sumbar, Gusfen Khairul anggota kehormatan PWI Sumbar dan Sawir Pribadi Wakil ketua bidang pendidikan PWI Sumbar . Sedangkan untuk materi yang dibahas pada acara pelatihan jurnalistik Pra UKW tersebut adalah tentang kode etik jurnalistik, teknik penulisan berita/Feature/opini,teknik investigasi dan uji kompetensi wartawan.

Ketua DKP PWI Sumbar,Basril Basyar dalam penyampaian nya mengenai materi kode etik jurnalistik mengatakan bahwa wartawan selain dibatasi oleh ketentuan hukum,seperti undang undang Pers Nomor 40 tahun 1999, juga harus berpegang kepada kode etik Jurnalistik. Tujuannya adalah agar wartawan tersebut bertanggungjawab dalam menjalankan profesinya dalam mencari dan menyajikan informasi."pungkas nya

Di lain pihak Novriandi salah satu peserta pelatihan jurnalistik pra UKW yang diadakan jejak news mengaku sangat bersyukur dengan adanya pelatihan tersebut. Selain acara tidak dipungut biaya alias gratis, acara pelatihan jurnalistik ini sangat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan,” Ungkapnya.

Setelah mendapat arahan dari narasumber, peserta juga bisa melakukan tanya jawab dengan nara sumber. Sesi tanya jawab menjadi acara yang paling diminati peserta. Pasalnya peserta saling berebutan untuk bertanya pada narasumber.

Mislinda  salah satu peserta lainnya, mengaku dengan adanya sesi tanya jawab ini permasalahan yang sering dijumpai wartawan dilapangan selama ini bisa nantinya digunakan untuk menambah wawasan menjadi wartawan profesional berdasarkan UU 40/1999.

Sementara itu Pimpina Redaksi Jejak News Ismail Novendra menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta dan kepada fihak fihak yang telah ikut serta mendukung acara pelatihan jurnalistik bisa berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan.

“Peserta yang mengikuti pelatihan ini memang diluar dugaan kami. Alhamdulillah, kami sebagai tuan rumah dan panitia mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir”, ujarnya.

Selain itu, Ismail juga mengucapkan terima kasih kepada PWI Sumbar khususnya pada Ketua PWI Sumbar dan lima narasumber yang sangat mensupport acara tersebut.

Terakhir Ismail berharap Pelatihan Jurnalistik ini menjadi pilot project bagi media lainnya. Dia juga akan berupaya agar pelatihan jurnalistik ini bisa dilaksanakan Jejak News setiap tahunnya utk meningkatkan profesionalisme wartawan di Sumbar.(Yd/M)

Sukseskan Asian Games 2018