Breaking News
Join This Site
Arnedi Yarmen.:Meski Sudah Dilantik, Pihaknya Belum Bisa Melaksanakan Fungsi Legislasi

Arnedi Yarmen.:Meski Sudah Dilantik, Pihaknya Belum Bisa Melaksanakan Fungsi Legislasi

Realitakini.com-Padang 
Kendati sudah dilantik dan resmi menjadi wakil rakyat, puluhan anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024 hingga kini belum bisa sepenuhnya bekerja. Walaupun sejumlah pekerjaan sudah menantinya, dari menyusun APBD-P hingga merancang peraturan daerah dan pengawasan kepada pemerintah daerah.

Lobi-lobi politik di tubuh partai Gerindra sebagai pemenang pemilu diduga jadi penyebab utama belum dibentuknya Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Pimpinan sementara DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen mengatakan, meski sudah dilantik, pihaknya belum bisa melaksanakan fungsi legislasi dan budgeting. Keduanya baru bisa dilaksanakan setelah ada AKD. Bahkan hingga kini pimpinan definitif belum ditentukan.

Belum ada keputusan dari DPP Partai Gerindra terkait penetapan Ketua DPRD Kota Padang periode 2019-2024 akan berdampak pada keterlambatan kinerja pada lembaga legislatif dan eksekutif di Kota Padang.

"Sementara tugas Ketua DPRD Kota Padang sementara hanya berlaku dua bulan ini sejak diputuskan," kata Arnedi Yarmen.

Ia menyampaikan untuk fraksi-fraksi DPRD Padang sudah terbentuk tinggal tahap selanjutnya pembentukan dan penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Namun belum adanya penetapan Ketua DPRD defenitif sampai saat ini berdampak belum bisanya AKD disahkan. Sebab keabsahan semuanya setelah ada pimpinan DPRD," sebut Arnedi.Selain itu juga penetapan ketua defenitif akan berdampak pada pengesahan APBD-P Tahun 2019 yang akan ditetapkan sebelum akhir September ini.

"Kita berharap Partai Gerindra segera menetapkan Ketua defenitif karena terkait banyak agenda-agenda besar yang tidak bisa di tunda-tunda, seperti RAPBD-P 2019, RAPBD 2020 dan RPJMD. Tiga agenda ini harus selesai di Oktober 2019 ini," pungkas Arnedi.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang Hendri Septa mengatakan belum adanya penetapan Ketua DPRD Kota Padang defenitif berdampak pada penetapan APBDP Tahun 2019, karena semua keputusan harus ditandatangani ketua defenitif.

"Saya harap penetapan Ketua defenitif DPRD Kota Padang segara dilakukan sebab semua laporan juga akan disampaikan ke Gubernur Sumbar," harapnya

Sukseskan Asian Games 2018