Breaking News
Join This Site
Deteksi Dini Penyakit Tak Menular Dinkes Buka Layanan Di Balaikota

Deteksi Dini Penyakit Tak Menular Dinkes Buka Layanan Di Balaikota








Payakumbuh -Realitakini.com

Jumat (20/9) pagi, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh melalui Puskesmas Padang Karambia melakukan kegiatan  Pos Pelayanan Terpadu pemantauan Penyakit Tidak Menular bagi para ASN yang berkantor di Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh. Kegiatan berlangsung di lantai 1 Balaikota.

Walikota Payakumbuh melalui Asisten II Setdako Elzadaswarman mengapresiasi kegiatan tersebut. Dikatakan, kegiatan tersebut sangat penting dilakukan sebagai bagian dari pencegahan dini terhadap potensi penyakit tidak menular di tubuh para ASN.

"Kesehatan itu hal yang kecil, akan tetapi sangat berharga. Kalau kesehatan terganggu maka praktis semua aktivitas kita juga akan terganggu. Nah upaya deteksi dini dalam kegiatan ini merupakan bagian dari menjaga kesehatan. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati," ujar Mantan Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh ini.

Pada kegiatan tersebut Puskesmas Padang Karambia melakukan beberapa aktivitas pemeriksaan, seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan darah lengkap baik kolesterol, glukosa dan asam urat, pemeriksaan kandungan CO2 dalam paru (smoke analyzer), serta pemeriksaan kanker mulut rahim (IVA Test).

"Nanti juga ada layanan SADARI atau periksa payudara sendiri untuk mendeteksi gejala kanker payudara yang cukup banyak terjadi dikalangan kaum ibu belakangan ini," tambah Om Zet sapaan akrab Elzadaswarman.

Dikatakan, mengingat pentingnya kegiatan tersebut, direncanakan akan dilaksanakan secara rutin setiap 1 kali sebulan. "Harapan semua PNS khususnya yang berada di Kota Payakumbuh ini terjaga dan terpantau kesehatannya," ujar Om Zet.

Sementara Kepala Puskesmas Padang Karambia, Liza Hanafiah mengatakan pihaknya sengaja mengadakan layanan di Balaikota Payakumbuh mengingat jumlah ASN yang berkantor di Balaikota cukup banyak.

"Jumlah ASN disini menurut data mencapai 170 orang sehingga kami mencoba membuka layanan disini dengan tujuan agar para ASN dan Instansi Pemerintah menjadi pionir kesehatan dalam upaya mendeteksi dini berbagai penyakit tidak menular yang dewasa ini justru mendominasi penyakit di tengah-tengah masyarakat kita," terang Liza.

Dari pantauan Humas dilapangan, para ASN berduyun-duyun menuju pos layanan begitu apel pagi di Balaikota selesai. (Relis)

Sukseskan Asian Games 2018