Fotografer Ranah Minang, Serbu Pasar Van Der Cappelen


Realita kini BATUSANGKAR- Ikut merayakan HUT Pertama Pasar Van Der Capellen, Batusangkar, setidaknya seratus Fotografer Ranah Minang (FRM) melaksanakan silaturrahmi di pasar yang didirikan Genpi Tanah Datar tersebut, Minggu 29 September 2019.

Para fotografer yang terhimpun dalam wadah Fotografer Ranah Minang (FRM) datang dari berbagai penjuru daerah Sumbar, mulai dari Padang, Pessel, Solok, Bukittinggi, Payakumbuh, bahkan dari Jakarta.

Erison J Kambari, fotografer asal Bukittinggi yang menginisiasi kegiatan ini mengatakan, biasanya FRM bersilaturrahmi dan berdiskusi hanya di grup WA.

Ketika dia mendengar Pasar Van Der Capellen akan merayakan HUT Pertama, muncul ide untuk memanfaatkan momen ini sekaligus jadi tempat silaturrahmi para forografer yang terhimpun dalam FRM.

"Alhamdulillah respon kawan-kawan sangat baik," ujarnya.

Nanda, seorang fotografer yang sempat hadir mengatakan, dirinya sudah lama tertarik hadir ke Pasar Van Der Capellen karena begitu banyak objek menarik untuk difoto.

"Konsep pasar tradisionalnya kuat, pedagang berpakaian tradisional, makanannya semuanya tradisional, hiburannya silat, tari daerah, dan payung-payung ini membuat nuansa tempo dulunya semakin kuat," ujar fotografer asal Padang ini.

Meski sempat dilanda hujan, silaturrahmi FRM berlangsung dengan penuh kehangatan. Usai jepret-jepret para fotografer disambut Pihak Pemkab Tanah Datar, yaitu Asisten 2 dan Kadis Parpora Tanah Datar. Dalam kesempatan itu, para fotografer berkesempatan menyampaikan masukan terkait pariwisata.

Juragan Pasar Van Der Capellen, Ade Firman mengatakan, untuk memanjakan lensa para fotografer, Pengurus Pasar Van Der Capellen melaksanakan berbagai kegiatan di HUT Pertama ini.

"Di antaranya carnaval pakaian dari Marapi Art Fashion, Penampilan Silat Kumangi, tari dari Sanggar Pucuak Janiah, serta Rafai Geleng dari Ponpes Jabbal Rahmah Tanah Datar," ujar Ade Firman.

Selama setahun perjalanan pasar, menurut Ade yang juga seniman mural Sumbar ini, Pasar Van Der Capellen bisa mengklaim sebagai destinasi digital yang sukses bertahan dan terus berkembang.

"Kuncinya kekuatan volunteer dan dukungan dari Pemkab Tanah Datar," ujar pria yang sehari-hari bertugas di Gedung Promosi Kabupaten Tanah Datar ini.

Ketua Genpi Tanah Datar, Hijrah Adi Sukrial, penanggungjawab yang menginisiasi Pasar Van Der Capellen mengatakan, mencapai HUT 1 Tahun merupakan prestasi bagi semua pihak yang membangun dan membesarkan pasar yang didirikan di halaman Benteng Van Der Capellen ini.

"Saya yakin, kunci kesuksesan Pasar Van Der Capellen adalah kolaborasi. Terus pertahankan kolaborasi ABCGM, yaitu Akademisi, Bisnisman, Communitas, Goverment, dan Media. Tidak ada yang bisa besar tanpa kolaborasi," ujarnya. (H/M)

Post a Comment

Previous Post Next Post