Breaking News
Join This Site
KSB Padang Tangah Payobadar Ikuti Bimtek Lewat ADK

KSB Padang Tangah Payobadar Ikuti Bimtek Lewat ADK

Payakumbuh --Realitakini.com
Melalui Alokasi Dana Kelurahan (ADK), Kelurahan Padang Tangah Payobadar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Siaga Bencana (KSB) kelurahan selama dua hari, Senin dan Selasa 2 dan 3 September 2019.Narasumber yang dihadirkan bagi 20 orang KSB itu dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh, seperti Kasi Logistik Syafrizal, dan Pranata Bencana Alex Sandra.

Dikatakan Lurah April Zandi, KSB di kelurahan Padang Tangah Payobadar telah terbentuk sejak 18 Oktober 2017 lalu dan cukup aktif dalam membantu BPBD Kota Payakumbuh dalam setiap kegiatan. Contohnya saja waktu pencarian warga Halaban yang hilang di hutan beberapa hari lalu.

"Kita ingin meningkatkan kapasitas KSB kelurahan, dengan menghadirkan Narasumber dari BPBD dan langsung diberikan prakteknya untuk pertolongan pertama gawat darurat pada hari kedua nanti, semoga pemberdayaan kepada KSB ini dapat tepat guna dan bermanfaat bagi KSB kita," kata Lurah.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Payakumhuh Yufnani Away menyebut area KSB sesuai UU Nomor 24 Tahun 2017, dimana KSB (kelompok siaga bencana) merupakan sekelompok masyarakat yang dibentuk dan memiliki tujuan mengurangi resiko bencana, penyebab bencana meliputi faktor alam, non alam dan manusia.

"Dengan adanya penguatan, kita harapkan disetiap kelurahan nantinya KSB mampu mentransfer ilmu kepada rekan-rekannya yang lain dan masyarakat, serta mereka sudah memiliki kesigapan dalam menangani bencana yang bisa saja terjadi pada waktu tertentu," ujarnya.

Mengapresiasi lurah, salahsatu anggota KSB Seprianto berharap kerjasama KSB nantinya tidak hanya antara kelurahan saja, namun ada camat, serta pihak lain yang terkait untuk melengkapi kebutuhan bencana yang mana kita tidak tahu kapan datangnya. (Relis)

Sukseskan Asian Games 2018