Breaking News
Join This Site
Latih Guru Buat Bahan Ajar Berbasis TIK, Dinas Pendidikan Payakumbuh Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Animasi

Latih Guru Buat Bahan Ajar Berbasis TIK, Dinas Pendidikan Payakumbuh Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Animasi








Payakumbuh-Realitakini.com

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh menggelar kegiatan Pelatihan Media Pembelajaran Animasi di ruang labor  komputer SMPN 4 Payakumbuh, 19-20 September 2019. Pelatihan yang mengajarkan pemanfaatan aplikasi Rumah Belajar itu diikuti oleh sejumlah guru di Kota Payakumbuh.

Sekretaris Dinas Pendidikan Payakumbuh Dasril menyampaikan, maksud dari kegiatan ini adalah memberikan materi teknik memanfaatkan aplikasi Rumah Belajar dan belajar membuat konten media pembelajaran berbasis web.  "Agar guru terbiasa membuat bahan ajar berbasiskan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi-red) sehingga pembelajaran di kelas mejadi menarik," ujarnya, Jum'at (20/9).

Dasril menyampaikan, pelatihan ini begitu penting karena siswa yang terlahir di era milenial ini tentu tidak ingin pembelajaran bersifat kuno karena sudah tidak zamannya lagi, sementara guru yang terlahir di zaman sebelum milenial, masih mengajar dengan cara tradisional. "Padahal sudah ada alat bantu seperti laptop, PC, tablet, dan lain-lain," tuturnya.

Dalam pelatihan yang pesertanya didominasi oleh guru TIK SMP itu, bertindak sebagai narasumber Irwan Kustiawan dan Syaiful Anas dari bagian Perencanaan Multimedia dan Web Pustekkom, Kemendikbud RI.
"Kami sengaja mendatangkan ahlinya dari Pustekkom Kemendikbud untuk melatih guru-guru di Payakumbuh. Semoga setelah pelatihan ini, kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran elektronik semakin meningkat," ucap Dasril didampingi Kabid PTK Azwardi dan Kasi PTK Dikdas Nelvia Anendri.

Untuk diketahui, aplikasi Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif.

Adapun fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.(Relis)

Sukseskan Asian Games 2018