Breaking News
Join This Site
Masyarakat Kelurahan Talang Di Bekali Bimtek Kader Posyandu

Masyarakat Kelurahan Talang Di Bekali Bimtek Kader Posyandu








Payakumbuh -Realitakini.com

 Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Payakumbuh, melalui Alokasi Dana Kelurahan (ADK), digelarlah Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi puluhan Kader Posyandu kelurahan di Aula Kantor Lurah Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (4/9).

Narasumber yang hadir H. Irvan Firdaus, SKM Kasi Dalduk DP3AP2KB dan dari Puskesmas Payolansek Kurnia Yuliasmin.

Lurah Talang Riko Eka Putra yang membuka acara tersebut mengatakan perlunya peningkatan wawasan bagi ibu-ibu kader posyandu di Kelurahan Talang mengingat keberadaan mereka sangat dibutuhkan di kelurahan.

"Selain pemberdayaan ibu-ibu kader posyandu, kita juga memiliki 5 program pemberdayaan lainnya, seperti yang diharapkan Walikota Riza Falepi, pendidikan dan penambahan ilmu masyarakat tidak ada tawar menawar dan harus diutamakan. Jika masyarakat telah banyak dibekali dengan ilmu, maka taraf kesejahteraan akan membaik," tambahnya mantap.

Sementara Seklur Talang Zikriman, SH selaku PPTK kegiatan ADK ini menyampaikan tujuan  dari kegiatan Bimtek dan Sosialisasi ini agar meningkatkan kesadaran mengenal pentingnya kader-kader yang siap untuk terjun langsung ketengah masyarakat jika sewaktu waktu dibutuhkan tenaganya oleh warga.

"Seperti dalam hal melahirkan, hendaknya kader ini yang turun terlebih dahalu sebelum ke Puskesmas atau Rumah Sakit," kata Seklur.

Dalam materinya Irvan Firdaus memaparkan bagaimana tujuan Posyandu untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, meningkatkan pelayanan kesehatan ibu untuk menurunkan IMR, mempercepat penerimaan NKKBS.

"Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan, serta kegiatan penunjang untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat," paparnya.

Seiring dengan peningkatan tiap SDM di lini kelurahan, diharapkan kegiatan pemberdayaan lanjutan akan dilaksanakan sejalan dengan berkembangnya taraf hidup masyarakat di Kota Payakumbuh. (Relis)

Sukseskan Asian Games 2018