Breaking News
Join This Site
Nagari Batu Payuang Baralek Gadang,"33 Niniak Mamak Dikukuhkan

Nagari Batu Payuang Baralek Gadang,"33 Niniak Mamak Dikukuhkan







LimaPuluhKota-Realitakini.com

Nagari Batu Payuang kecamatan Lareh Sago Halaban mengukuhkan 33 Niniak Mamak, dalam acara baralek Batagak Penghulu, di Halaman Kantor Kerapatan Adat Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota, Sabtu (28/09).

Alek Batagak penghulu itu,  juga dihadiri Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan serta Kapolres Payakumbuh dan kapolres Kabupaten Lima Puluh Kota beserta jajaran Frokopinda lain nya.

tampak di hadiri juga oleh, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Batu Payuang,Ipda Aiga Putra Sh,Datuak  Sinaro,Walinagari Batu Payuang Masri Anto dan anggota DPRD kabupaten Lima Puluh Kota Sastri Andiko Datuak putiah, bundo kanduang, beserta ratusan anak nagari Batu Payuang.

"Pengukuhan dan pembacaan sumpah dilakukan pucuak adat, untuk selanjutnya dipasangkan keris oleh Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Pengukuhan itu, empat mamak mangombang nan talipek dan satu lagi mangguguran mambaok tauladan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengharapkan, niniak mamak yang baru dilantik bisa menjalankan amanah dan lebih memperhatikan sanak kemanakan, sehingga bisa menjadi panutan dalam masyarakat.

"Kita ucapkan selamat kepada Niniak Mamak yang baru saja dilantik, mudah-mudahan tugas dan fungsi niniak mamak ini difungsikan kembali ketengah masyarakat terutama kepada anak dan kemanakannya. Harapan kita, niniak mamak kedepan juga ikut berperan aktif dalam memajukan pembangunan di kabupaten Limapuluh Kota," harapnya.

Menurut Irfendi, jika semua ninik mamak telah menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat dan anak kemenakan, maka diyakini Kabupaten Limapuluh Kota akan lebih baik  lagi kedepan nya.

"Dengan bertambahnya jumlah ninik mamak yang memangku gelar, diharapkan tigo tungku sajarangan semakin solid dan menjadi tonggak kokoh membangun nagari beserta seluruh masyarakat nagari,tutup nya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Batu Patuang,Ipda Aiga Putra Sh,Datuak Sinaro kepada awak media dalam tanggapan singkat nya katakan"kepada niniak mamak yang  sudah dilantik agar lebih memperhatikan keadan kaumnya kedepan.

"Saya ucapkan selamat kepada niniak mamak yang dilantik. Dengan bertambahnya penghulu, diharapkan Nagari Batu Payuang Lebih Baik kedepan nya dan juga Terimakasih kepada Panitia yang telah mensukseskan acara ini," ucap Perwira Polisi yang berdinas di Polres Payakumbuh itu.

Pada kegiatan itu juga dilakukan berbagai kegiatan hiburan adat yang akan dilaksanakan berbagai anak nagari diantaranya festifal randai, saluang dan budaya-budaya lainnya.(Yudi Yusra)

Sukseskan Asian Games 2018