Walikota Payakumbuh Teken MoU Kerjasama dengan LAN RI









Payakumbuh-Realitakini.com

Walikota Payakumbuh Riza Falepi berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan kapasitas penyelenggaraan pemerintah di wilayah pemerintahannya. Sehingga nantinya dapat bekerja dengan profesionalisme yang tinggi terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Komitmen tersebut salah satunya dengan melakukan penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) bersama kepolisian republik indonesia dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Penandatangan MoU langsung dilakukan wako Riza dengan kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto, M. Si di aula gedung LAN RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

"Suatu kebanggaan bagi kami selaku pemerintah kota Payakumbuh, dapat dan diberi kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan lembaga administrasi negara republik indonesia tentang penguatan kapasitas pemerintah di kota Payakumbuh", kata Riza dalam sambutannya.

Penandatanganan MoU ini akan menjadi landasan hukum bagi kerjasama yang lebih luas antara Pemerintah kota Payakumbuh dan LAN RI dalam hal kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan kompetensi inovasi administrasi negara.

Selain itu juga menjadi sarana pendidikan tinggi guna mendorong terwujudnya pembangunan yang inovatif dan mendukung pencapaian visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh tahun 2017-2022.

Riza dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kerjasama ini sangat penting bagi pemko Payakumbuh.

"Kerjasama ini sangatlah penting dan menjadi komitmen utama bagi kami dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas penyelenggaraan pemerintah di kota Payakumbuh agar kedepannya tata kelola pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan publik menjadi lebih baik dan berkompeten lagi", ungkapnya.

Selanjutnya wako juga menyampaikan peran teknologi dalam perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini dengan adanya revolusi industri 4.0, menuntut kita untuk dapat berdaya saing secara global agar tidak tertinggal nantinya dengan negara luar.

"Hal ini menjadi tantangan besar bagi kita semua untuk mampu berinovasi lebih untuk disegala aspek lini dan bidang terutama tentunya dapat dimulai dari dalam pemerintahan itu sendiri untuk menciptakan kondisi yang kondusif dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien", pungkas wako.

Riza berharap dengan dilakukannya kerjasama ini menjadi peluang besar untuk dapat perhatian lebih dari lembaga administrasi negara Republik Indonesia dalam memunculkan dan meningkatkan serta mengembangkan potensi dan inovasi di lingkungan pemerintah daerah, sehingga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat kota Payakumbuh.

Selain walikota Payakumbuh Riza Falepi, pada kesempatan itu Kepala LAN RI juga melakukan penandatanganan MoU dengan 7 kepala daerah lain serta 1 dari kepolisian, diantaranya Bupati Bondowoso Drs. H. Salwa Arifin, Bupati Maluku Tengah Tuasikal Habua, SH, Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Bupati Bekasi Drs. H. Uju, M. Si (Setda), Walikota Tegal Drs. Imam Badaruddin (Setda) serta Irjen. Rudi dari Kadivkum Mabes Polri.(Relis)

Post a Comment

Previous Post Next Post