Breaking News
Join This Site
Kuatkan Pelaku Usaha Wisata, Pemko Payakumbuh Gelar Pelatihan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata

Kuatkan Pelaku Usaha Wisata, Pemko Payakumbuh Gelar Pelatihan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata








Payakumbuh --Realitakini.com

 Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menggelar Pelatihan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata di Aula Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat di Ibuh, Kamis (3/10).

Panitia pelaksana Kadisparpora Elfriza Zaharman dalam hal ini disampaikan oleh Kabid Pemasaran Andiko Jumari dalam laporannya memaparkan peserta berjumlah 150 orang, terdiri dari Pelaku Jasa Usaha Pariwisata, Hotel, Restoran, Rumah Makan, Cafe, Kuliner Malam, Homestay, Ikatan Agen Tour dan Perjalanan, Travel, Gojek, serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kota Payakumbuh.

"Kegiatan ini bertujuan agar pelaku jasa usaha pariwisata di Payakumbuh dapat meningkatkan kualitas SDM, Kualitas Pelayanan, serta kualitas dari objek yang dijualnya, baik dalam bentuk barang ataupun jasa, semoga dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dari narasumber nanti," kata Andiko.

Sekretaris Daerah Rida Ananda yang membuka acara secara resmi mengatakan Walikota Riza Falepi ingin menjadikan Payakumbuh sebagai pusat pariwisata, apalagi Payakumbuh terkenal dengan kulinernya. Salahsatu sisi yang mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah Pariwisata, selain dari bidang perdagangan dan jasa.

"Bagaimana kita memajukan Payakumbuh bersama-sama, seluruh unsur dapat berkontribusi membangun dan meningkatkan perekonomian kota kita, laju pertumbuhan ekonomi akan terus kita genjot terus kedepannya, khususnya dibidang kepariwisataan," kata Rida.

Walikota Riza Falepi berpesan agar pelaku usaha pariwisata dapat profesional dalam bidangnya masing-masing, dimana upaya Pemko Payakumbuh dengan mendorong agar SDM pelaku usaha wisata yang berkualitas melalui pelatihan seperti ini dan memudahkan layanan dalam mengurus izin usahanya.

"Disamping itu, bagi pelaku usaha pariwisata yang ingin memiliki izin usaha, di Payakumbuh sudah ada Mall Pelayanan Publik untuk melayani pengurusan izin usaha, kita harapkan juga nantinya akan ada pengurusan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)," terang Hermayunis, Kepala DPMPTSP Kota Payakumbuh yang turut hadir pada kegiatan itu. (Relis)

Sukseskan Asian Games 2018