Breaking News
Join This Site
Lakukan Roadshow ke setiap OPD, Rida ; Untuk Payakumbuh Menuju Sakip A

Lakukan Roadshow ke setiap OPD, Rida ; Untuk Payakumbuh Menuju Sakip A








Payakumbuh -Realitakini.com

 Kegiatan Roadshow Sistem Kinerja Akuntabilitas Instansi Pemerintah (Sakip) ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilakukan oleh Tim Sakip Kota Payakumbuh bertujuan untuk penguatan menuju Kota Payakumbuh Sakip A, dan diharapkan dengan roadshow ini seluruh OPD dapat memahami pelaksanaan Sakip kita, ucap Sekretaris Daerah Rida Ananda saat akan memulai proses diskusi dalam evaluasi Sakip dari masing-masing OPD, Rabu (2/10).

Diskusi evaluasi dalam kunjungan tim Sakip Kota Payakumbuh tersebut berlangsung sekitar 2-3 jam pertemuan yang terdiri dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Inspektorat dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah kota Payakumbuh serta dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah.

"Ini memang hasil dari kesepakatan kita bersama tim untuk mengunjungi OPD, yang mana kami ingin mendengar langsung pemaparan dari masing-masing OPD serta dapat kita lakukan diskusi bersama agar dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang selama ini masih terjadi", papar Rida.

Turut disampaikan, hal yang paling penting dalam kunjungan ini ialah untuk melihat persoalan-persoalan yang sering terjadi di setiap OPD yang ada, dimana Sakip ini sebenarnya merupakan masalah pada budaya kerja Aparatur Sipil Negara, apakah kita sebagai ASN masih melihat ini dalam artian budaya kerja atau budaya kinerja sehingga kita tidak dapat membedakan kedua hal tersebut, ungkapnya.

Selain kunjungan untuk merevisi atau evaluasi kembali, Setda Rida Ananda bersama tim menyampaikan kunjungannya juga sekalian untuk bersiturahim agar hubungan tetap terjaga baik dan apa yang telah ditarget dan rencanakan untuk Sakip A dapat tercapai.

"Kepada bapak ibu semua, hal ini harus kita lakukan dalam waktu singkat, yakni hanya untuk 3 hari kedepan, dikarenakan dalam waktu dekat ini kita akan melakukan evaluasi lagi", ujar Rida.

Selanjutnya, mantan Kepala Bappeda kota Payakumbuh tersebut juga menyampaikan untuk proses entri data yang selama ini dilakukan melalui Lakip, sekarang sudah diganti dengan menggunakan Sikopay, dan proses entri data ini sudah harus dilakukan pada Senin esok. Serta kepada kasubag perencanaan dan keuangan agar dapat menginput program kegiatan dari masing-masing OPD ke Sikopay dan untuk kedepannya Lakip tidak akan digunakan lagi.

Pada saat Roadshow berlangsung, Sekretaris Daerah meminta kepada kepala OPD untuk menyampaikan paparan Sakip Perangkat Daerah masing-masing  didepan Tim Sakip Kota, bersama seluruh staf yg ada di OPD tersebut.

Kemudian hal ini langsung di kritisi oleh tim secara panel kalau ada hal-hal yang kurang pas dan perlu perbaikan, serta tim akan memberikan waktu untuk perbaikan selama dua hari kerja, dan hasil perbaikan tersebut di upload kembali kedalam aplikasi e-sakip reviu Kemenpan-RB. Sehingga Pemko Payakumbuh dapat selalu melakukan perbaikan secara simultan.

Adapun OPD yang sudah dikunjungi oleh tim Sakip Kota Payakumbuh baru 5 OPD yakni Sekretariat Dewan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, dan terkahir Dinas Pendidikan.(Relis)

Sukseskan Asian Games 2018