Breaking News
Join This Site
Pohon Trembesi,Hiasi Kantor Balai Kota Payakumbuh

Pohon Trembesi,Hiasi Kantor Balai Kota Payakumbuh









 Payakumbuh-- Realitakini.com

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan penghijauan Kawasan Kantor Balaikota Payakumbuh, Eks. Lapangan Poliko melalui penanaman sejumlah pohon Trembesi di areal halaman kantor. Dipilihnya Pohon Trembesi karena dinilai memiliki banyak manfaat lingkungan.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh melalui Kabid Pertamanan Yunimar saat ditemui Humas disela-sela penanaman, Sabtu (19/10) pagi. Dikatakan, pemilihan pohon trembesi sudah melalui persetujuan Pimpinan daerah.

"Pohon trembesi ini punya banyak manfaat lingkungan. Dia dipercaya mampu mengurangi dampak pemanasan global yang mengancam bumi," ujar Yunimar.

Pohon Trembesi ini juga sering disebut pohon hujan. Bentangan kanopinya bisa mencapai 30 meter. Konon, tajuknya yang lebar tersebut dapat menurunkan suhu mikro 3-4 derajat Celcius.

Dari literatur yang ada, kelebihan lain dari pohon ini adalah kemampuannya menyerap karbondioksida (CO2) sebanyak 28,5 ton per tahun, sebagaimana hasil penelitian Dr. Endes N Dahlan, dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Hasil penelitian juga membuktikan bahwa Trembesi yang ditanam di atas lahan satu hektar dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen (O2) yang mampu memenuhi kebutuhan oksigen untuk 1.550 orang per hari.

Semoga wajah Kantor Balaikota Payakumbuh semakin Sejuk dan indah, sekaligus memenuhi harapan Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz untuk menjadikan Balaikota sebagai tempat layanan yang nyaman, tertib, indah dan bikin betah. (Relis)

Sukseskan Asian Games 2018