Breaking News
Join This Site
Buka Penilaian Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi, Ini Harapan Wako Riza Falepi

Buka Penilaian Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi, Ini Harapan Wako Riza Falepi





 Payakumbuh--Realitakini.com

Wali Kota Payakumbuh dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda secara resmi membuka penilaian lomba kesatuan gerak (Kesrak) PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat provinsi Sumatera Barat yang dilangsungkan di  Kantor Lurah Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat (22/11/2019).

Ada dua kelurahan yang dinilai pada hari ini yaitu Kelurahan Payobasung dan Kelurahan Padang alai bodi. Kedua Kelurahan ink mewakili  Kecamatan Payakumbuh Timur mengikuti lomba satuan gerak PKK–Kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK)–Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Barat. Kedua Kelurahan tersebut dinilai dengan kategori lomba  PHBS dan LBS serta kategori lomba posyandu.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan dengan diadakannya penilaian lomba tersebut akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih dan giat lagi dalam mengintegrasikan pemikiran dan kegiatan pada program PKK-KKBPK dan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh. Sehingga, tujuan dari lomba tersebut dapat tercapai secara optimal.


“Mengingat pentingnya peran SDM dalam pembangunan, maka keluarga sebagai unit terkecil masyarakat selalu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan dalam memenuhi kebutuhan materi, spiritual dan kebutuhan sosial,” ujar Rida


Menurut Rida, pemberdayaan keluarga menjadi amat penting. Terlebih saat ini semakin maraknya penyalahgunaan narkoba dan perilaku menyimpang oleh generasi muda. Guna mengatasi hal tersebut diperlukan kerjasama dan tanggungjawab bersama.


“Tentunya harus dimulai dari keluarga masing-masing. Di sini peran orang tua menjadi sangat penting, yaitu sebagai guru sekaligus sebagai teman baik bagi anak-anaknya,” ucapnya.

“Orang tua dapat mengarahkan anggota keluarganya untuk menanamkan norma agama dan norma sosial,” timpal Rida.

Rida menambahkan, keberhasilan Kelurahan Payobasung dan Padang alai bodi mewakili Kecamatan Payakumbuh Timur dalam lomba ini berkat kerja keras dan kersama antar sektor terkait. Pemko, kata Rida, mengapresiasi dan mendorong kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan agar menjadi lebih baik.

“Saya berharap Kelurahan yang mewakili Kecamatan Payakumbuh Timur dapat meraih yang terbaik. Walaupun itu semua merupakan wewenang dan diserahkan sepenuhnya kepada tim penilai,” kata Rida.

Ia mengatakan, jika nantinya dinyatakan layak mendapatkan penghargaan tentunya harus disyukuri.

Bahkan, bila belum mendapatkan kesempatan mendapatkan penghargaan maka segala kekurangan yang ada perlu dibenahi dan tetap melanjutkan berbagai hal positif yang sudah ada.

“Pada dasarnya bukan kemenangan jadi tujuan utamanya. Namun, diharapkan dengan lomba ini jadi momentum untuk memotivasi serta menyempurnakan berbagai program dan kegiatan satuan gerak PKK–KKBPK–Kesehatan di Kota Payakumbuh,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilaian Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Fauziah mengatakan lomba tersebut merupakan kegiatan rutin yang terintegrasi dengan berbagai sektor terkait.

Ia menegaskan, program tersebut untuk semua lapisan masyarakat.
“Mudah-mudahan pada saatnya nanti dua Kelurahan ini menjadi Kelurahan sehat. Mari kita sukseskan pogram ini,” ujarnya singkat.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny.Henny Riza Falepi mengatakan bahwa penilaian satuan gerak PKK–KKBPK–Kesehatan dilaksanakan dalam rangka pembinaan sekaligus evaluasi program-program pemerintah yang telah dilaksanakan di masyarakat, khususnya PKK–KKBPK–Kesehatan.

Ia mengapresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Payobasung dan Padang alai bodi, yang telah mempersiapkan segalanya.
“Semoga Kecamatan Payakumbuh Timur yang diwakili oleh Kelurahan Payobasung dan Padang alai bodi mendapatkan hasil terbaik,” pungkasnya.

Ditemui ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Ibrahim menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini, panitia telah membangun kerjasama untuk meningkatkan kualitas masyarakat serta mendekatkan akses kebutuhan dalam pelayanan masyarakat demi terbentuknya keluarga kecil, sejahtera dan berkualitas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny.Magdalena Erwin Yunaz, Camat Payakumbuh Timur A.Afrianto, Pengurus TP-PKK Kota Payakumbuh dan kader Posyandu.(Rel)

Sukseskan Asian Games 2018