Breaking News
Join This Site
Kadis Pangan Dan Perikanan Serahkan Bantuan Bibit Tanaman

Kadis Pangan Dan Perikanan Serahkan Bantuan Bibit Tanaman


Realitakini.com BATUSANGKAR Kepala  Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar menyerahkan sebanyak10.000 bibit tanaman pangan produktif berbagai jenis kepada masyarakat pada akhir tahun 2019.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas  Pangan dan Perikanan Daryanto Sabir, bibit yang disediakan itu melalui kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL) tahun 2019 yang dilaksanakan lansung Dinas Pangan dan Perikanan.

“Bibit tersebut akan dibagikan kepada warga secara gratis untuk ditanam di halaman rumah mereka. Hal ini dilakukan guna meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus untuk dapat dikonsumsi lansung,” sampai Daryanto Sabir saat penyerahan secara simbolis kepada Tim Penggerak PKK Tanah Datar, Jum’at (8/11) di taman OPAL Pagaruyung.

Beliau juga menyampaikan, sesuai Surat Edaran Gubernur Sumbar perihal Penanaman Cabe di Pekarangan, Dinas Pangan dan Perikanan ditugaskan untuk menyediakan dan mendistribusikan bibit tanaman cabe untuk ditanam di pekarangan. Berdasarkan hal tersebut dilakukan  penyerahan bibit saat ini kepada kelompok-kelompok masyarakat (dasawisma berprestasi) melalui Tim Penggerak PKK Tanah Datar. Beberapa bibit yang telah disediakan di antaranya bibit cabe merah, tomat,terung dan seledri.

Daryanto Sabir berharapkan kepada penerima bibit untuk dapat memanfaatkan lahan pekarang untuk ditanami bibit tersebut dan dirawat sebagai sumber pangan  dan gizi keluarga.
Sementara itu, Tim Penggerak PKK Tanah Datar diwakili Pengurus PKK Ermaneli sampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan Dinas  Pangan dan Perikanan Tanah Datar yang telah mendukung program PKK yaitu HATINYA PKK  dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

“Terimakasih atas dukungan dan bantuan bibit oleh Dinas  Pangan dan Perikanan Tanah Datar selanjutnya Pengurus TP PKK Tanah Datar akan mendistribusikankepada dasawisma di masing-masing nagari,” kata Ermaneli.

Sebelumnya Kasi Konsumsi dan Keanekaragaman Pangan, Eva Yusda  sampaikan melalui kegiatan OPAL tahun 2019 telah disediakan bibit cabe merah sebanyak 6.000 batang, tomat 1.500 bibit, terung 2.700 bibit dan seledri 600 batang.

Pada hari ini juga dibuka Toko Tani Indonesia Center (TTIC) dengan menjual berbagai ragam pangan dan ikan di halaman kantor, sampai Eva.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, TP PKK kecamatan, Dasawisma dan masyarakat. (H/M)



Sukseskan Asian Games 2018