Breaking News
Join This Site
KAN Koto Nan Gadang,Wakili Payakumbuh Untuk Penilaian KAN Berpertasi Tingkat Sumbar

KAN Koto Nan Gadang,Wakili Payakumbuh Untuk Penilaian KAN Berpertasi Tingkat Sumbar





Payakumbuh - Realitakini.com

Tim penilai lomba KAN berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat kunjungi KAN Kenagarian Koto Nan Gadang yang mewakili Kota Payakumbuh untuk penilai KAN berprestasi tingkat Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (26/11).

Nagari Koto Nan Gadang merupakan salah satu nagari dari 10 nagari yang ada di Kota Payakumbuh dan saat ini merupakan KAN percontohan di Kota Payakumbuh sebab sampai saat ini pelaksanaan adat masih dilaksanakan dan dilestarikan keberadaannya oleh masyarakatnya.

"Salah satu contohnya pelaksanaan acara batogak penghulu dimana rangkaian upacara adatnya dilaksanakan tiga bulan penuh," kata Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III Amriul Dt. Karayiang.

Dijelaskan, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mendukung penuh seluruh kegiatan operasional LKAAM, KAN dan Bundo Kanduang dengan menganggarkan secara rutin untuk kegiatan masing-masing lembaga setiap tahunnya.

"Pemko Payakumbuh menganggarkan melalui APBD di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta melalui dana bantuan hibah Bansos Kota Payakumbuh," Ucapnya.

Harapannya semoga Tim Penilai memberikan nilai terbaik, dan menjadi sebuah kebanggaan serta motivasi bagi masyarakat Kota Payakumbuh umumnya dan masyarakat Koto Nan Gadang Khususnya dalam melaksanakan dan melestarikan adatnya.

"Sampai hari ini Adat Basandi Syarak, Syarak Badandi Kitabullah masih mendarah daging di kota payakumbuh,"  ujarnya.

Sementara itu Tim Penilai KAN dari Provinsi Sumbar menyebut aspek yang dinilai terdiri dari aspek kelembagaan,
aspek penyelenggaraan adat, aspek kompetensi serta aspek kerja sama adat dengan kenagarian adat lainnya.

"Dengan penilaian ini kami berharap kepada Pemerintah Kota Payakumbuh betul-betul tidak setengah hati membina adat dan syarak di minang kabau," imbuh sekretaris umum LKAAM Sumbar DR. Amril Amil, M.Pd Dt. Lelo Basa.

Ditambahkan, "Mudah-mudahan apapun yang kita lakukan sesuai dengan adat basandi syarak syarak basandi kitabullah, karena tidak akan lapuak oleh zaman," tambahnya.

Tim penilai KAN berprestasi tingkat Sumbar terdiri dari empat orang yaitu Prof. DR. Ir. Hj. Raudah Taib, M.S yang merupakan Ketua Bundo Kanduang Prov. Sumbar, H. Yulharnis Dt. Maleka Nan Tinggi sebagai Ketua harian LKAAM Prov. Sumbar, Drs. Akral, M.M dari Dinas PMD Prov. Sumbar dan DR. Amril Amil, M.Pd Dt. Lelo Basa sekretaris umum LKAAM Prov. Sumbar.(Rel)

Sukseskan Asian Games 2018