Breaking News
Join This Site
PAYAKUMBUH TERIMA EVALUASI DAN PENGHARGAAN PELAYANAN PUBLIK DENGAN NILAI SANGAT BAIK

PAYAKUMBUH TERIMA EVALUASI DAN PENGHARGAAN PELAYANAN PUBLIK DENGAN NILAI SANGAT BAIK

















Payakumbuh-Realitakini.com

Kota Payakumbuh kembali mendapatkan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah I untuk tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan ini diterima oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Rida Ananda dari Menteri PAN RB yang baru Tjahjo Kumolo di Hotel Aston, Kota Batam, Kamis (7/11). Kota Payakumbuh termasuk dalam 80 kab/kota dan 11 Provinsi yang menerima penghargaan dalam lingkup wilayah I meliputi pulau Sumatera dan Prov. Jawa Barat.

Dalam arahannya, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo menyampaikan, melalui pemberian penghargaan ini diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat. "Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden untuk mewujudkan pelayanan yang efektif dan efisien untuk mewujudkan Indonesia Unggul di masa yang akan datang. Tentunya, dengan pelayanan prima pada masyarakat, akan berdampak pada tingkat kepuasan masyarakat pada Pemerintah yang juga akan berbanding lurus terhadap situasi Nasional. Mari kita wujudkan bersama-sama," ujar mantan Mendagri ini.

Kemudian, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB, Diah Natalisa menyampaikan, setiap Kab/Kota di evaluasi terkait komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. "Untuk lingkup wilayah I ini, kita mengevaluasi 10 Unit RSUD Provinsi, 11 Dinas Penanaman Modal PTSP serta 11 UPTD Samsat. Sedangkan Kab/Kota, Kementerian mengevaluasi 67 RSUD Kab/Kota, 80 DPM PTSP dan 80 Disdukcapil," sebut Diah.

Kementerian PAN RB memberikan penghargaan Sangat Baik dengan nilai A- kepada dua Unit Penyelenggara Pelayanan di lingkungan Pemko Payakumbuh yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Serta memberikan nilai C atau Cukup untuk RSUD Adnaan WD. Tercatat, hanya Kota Payakumbuh dan Kota Pariaman yang menerima penghargaan dengan 2 unit pelayanan yang mencapai nilai Sangat Baik se Provinsi Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, hasil kerja keras seluruh ASN di lingkup Pemko Payakumbuh dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat mendapat apresiasi oleh Kementerian PAN RB. Terlebih lagi, hasil evaluasi kinerja dari Kementerian terhadap dua unit pelayanan kita mendapat penilaian Sangat Baik. Hal ini, sesuai dengan komitmen kita dalam mewujudkan Payakumbuh Menang, terlebih dalam memberikan pelayanan prima pada seluruh masyarakat" sebut Sekdako Rida Ananda.

Program Pemko Payakumbuh dalam menghadirkan pelayanan prima pada masyarakat ini sebelumnya juga mendapat apresiasi dari media dan tim independen. Seperti diketahui, Walikota Payakumbuh Riza Falepi juga menerima Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2019 dari Tempo Media Group bekerja sama dengan Frontier Consulting Group. Dalam award tersebut, Kota Payakumbuh dinobatkan sebagai Pemenang Platinum (tertinggi,red) Kota Kecil kategori Pelayanan Publik.

Bahkan dalam waktu dekat Payakumbuh bakal meluncurkan Mal Pelayanan Publik (MPP) demi kemudahan urusan dan kebutuhan masyarakat. Direncanakan, MPP ini akan diresmikan bersamaan dengan HUT Kota Payakumbuh ke 49 pada 17 Desember mendatang.

"Hal ini menandakan bahwa, Pemko Payakumbuh sangat memperhatikan dan berkomitmen dalam menata pelayanan publik ini menuju pelayanan prima. Tentunya masih banyak masalah-masalah dan hal-hal lainnya yang perlu kita benahi. Untuk itu, masalah ini akan menjadi PR dan tugas bersama Pemko untuk menjalankan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dan hal ini menjadi target kita ke depan," ujar Rida mantap. (rel)

Sukseskan Asian Games 2018