Breaking News
Join This Site
Riza Falepi Resmikan Masjid Ilham Ranah Kubu Gadang

Riza Falepi Resmikan Masjid Ilham Ranah Kubu Gadang





Payakumbuh-Realitakini.com

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Datuak Rajo Ka Ampek Suku meresmikan Masjid Ilham, Ranah Kubu Gadang, Kelurahan Kotokociak Kubu Tapakrajo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Jumat (22/11). Peresmian masjid yang terletak di pinggir Batang Agam itu ditandai dengan pembukaan tirai nama masjid dan penandatanganan prasasti oleh wali kota.

Riza Falepi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas bertambahnya jumlah masjid di Kota Randang. "Alhamdulillah, kita bisa salat Jum'at perdana hari ini di masjid ini," ucapnya.

Mantan Aktivis Masjid Salman ITB itu berpesan agar masyarakat merawat dan memperindah masjid ini ke depan. "Kami dari Pemko siap membantu melalui dana hibah. Silahkan masukkan proposalnya paling lambat Maret 2020," tutur Riza.

Di sisi lain, Riza mengharapkan jemaah tidak hanya membangun masjid secara fisik, namun juga harus memakmurkannya secara agama. "Mari kita makmurkan, tolok ukurnya salat Subuh. Mari ramaikan. Semarakkan juga dengan kegiatan-kegiatan keislaman lainnya seperti TPA, tahfiz, ataupun pengajian," tuturnya.

Disampaikan Riza, Pemko Payakumbuh saat ini sedang membangun Masjid Raya Payakumbuh di Kelurahan Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat. "Sekarang sedang pembebasan lahan seluas lima hektar.
Insya Allah tahun depan mulai bisa dibangun masjid secara bertahap berdekatan dengan normalisasi Batang Agam," ucapnya.

Selain Masjid Raya Payakumbuh, Riza mengaku dirinya didorong oleh sejumlah tokoh Luak Limopuluah untuk mendirikan Masjid Raya Luak Limopuluah di kompleks kantor bupati yang lama. "Kalau saya sendiri mau, sekarang tergantung bupatinya, mau atau tidak," katanya.

Sementara itu, pengurus masjid dan tokoh masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada wali kota yang sudah menerbitkan SK perubahan musala mereka menjadi masjid. Turut hadir dalam peresmian masjid tersebut, Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh Jufrimal, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni, dan sejumlah perwakilan Forkopimca.(Rel)

Sukseskan Asian Games 2018