Follow Us

header ads

Azwin: Saat Ini I Kota Padang Masih Menghadapi Permasalahan Ketahanan Pangan

Realiatakini.com -Padang 
Dewan Ketahanan Pangan Kota Padang kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di 2019 ini. Rakor yang dilangsungkan di Gedung Putih Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Kamis (5/12/2019) itu, dibuka secara resmi Wali Kota Padang yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Azwin.

Adapun tujuan dilaksanakannya Rakor ini adalah, mensinkronkan kebijakan dan kegiatan seluruh stokeholder terkait dibidang ekonomi untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi. Kemudian seimbang dengan sumber daya, kelembagaan dan budaya lokal.

Azwin dalam sambutan dan arahannya mengatakan, saat ini di Kota Padang setidaknya masih menghadapi beberapa permasalahan ketahanan pangan yang menjadi catatan dan perhatian. Antara lain mulai dari tingginya tingkat pertumbuhan penduduk otomatis menyebabkan tingkat kebutuhan pangan juga semakin meningkat. Pun begitu juga belum stabilnya harga pangan pokok terutama pada saat musim panen raya, musim paceklik dan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)
.
"Selanjutnya juga dikarekan konsumsi pangan masyarakat masih kurang beragam, bergizi, seimbang, aman dan halal. Lalu banyaknya pangan yang beredar di masyarakat yang belum terjamin mutu dan keamanannya serta terbatasnya sarana dan prasarana pengawasan pangan yang beredar,"sebut Azwin.
Berdasarkan permasalahan diatas Azwin menekankan, maka diperlukan strategi dalam pencapaian pemantapan ketahanan pangan dengan beberapa jalan. Diantaranya melaksanakan koordinasi secara sinergis dalam penyusunan kebijakan ketersediaan, distribusi, konsumsi pangan, dan keamanan pangan segar. Selanjutnya mendorong pengembangan cadangan pangan, sistem distribusi pangan, penganekaragaman konsumsi dan pengawasan keamanan pangan segar. 

"Selain itu kita juga harus mendorong peran serta swasta, masyarakat umum, dan kelembagaan masyarakat lainnya dalam pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan ini. Terlebih memberdayakan masyarakat agar dapat memecahkan permasalahan ketahanan pangan yang dihadapi," imbau Azwin.
Lebih jauh disampaikannya lagi, pada forum Dewan Ketahanan Pangan tersebut ia mengharapkan dukungan seluruh OPD agar dapat memperkuat sinergi program/kegiatan demi mengatasi isu krusial pangan tersebut.

"Dan saya juga berharap Rakor Dewan Ketahanan Pangan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor dan membangun kerjasama dalam rangka membangun ketahanan pangan masyarakat."

"Maka itu mari kita dengan bersungguh-sungguh mengalokasikan sumberdaya yang memadai, membuat strategi yang tepat dan mekanisme koordinasi yang efektif agar dukungan dari stokeholders dapat bersinergi. Sehingga menjadi satu kesatuan yang saling memperkuat untuk memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat dan mendukung terwujudnya kedaulatan pangan," pungkasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pangan Kota Padang Syahrial melalui Sekretarisnya Oktavia Delri menyebutkan, peserta Rakor Dewan Ketahanan Pangan tersebut yakni sebanyak 65 orang terdiri dari anggota Dewan Ketahanan Pangan, Kelompok Kerja (Pokja) Dewan Ketahanan Pangan serta stokeholder terkait di bidang pangan dan undangan lainnya. 

"Sedangkan untuk nara sumber pada Rakor tersebut diantaranya menghadirkan Prof. Drh. Endang Purwati, MS, Ph.D dari Pusat Bisnis Halal/Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Faterna Unand dengan mengupas materi tentang Status Kehalalan, Higienis dan Sanitasi Peredaran Pangan di Kota Padang," tuturnya.

Selain itu nara sumber lainnya kata dia, yaitu dari Dinas Perdagangan Kota Padangdengan materi Pendistribusian Tempat Penjualan Pangan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Berstandar Halal dan Sehat di Kota Padang. 

"Kemudian Ir. Djoni, Praktisi Pertanian dengan materi Kemampuan Produktifitas Sektor Pertanian dalam Pemenuhan Pangan di Kota Padangserta unsur Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang terkait Menjaga Konsumsi Pangan Halal di Kota Padang," jelas Oktavia. ( tim h)

Posting Komentar

0 Komentar