Breaking News
Join This Site
FESTIVAL PESONA MINANGKABAU 2019, HADIRKAN 16 EVENT .

FESTIVAL PESONA MINANGKABAU 2019, HADIRKAN 16 EVENT .

Realitakini.com BATUSANGKAR Sebanyak Lebih Kurang 2000 peserta pemain musik tradisional  minangkabau Talempong Turut meriahkan pembukaan Festival Pesona  Minangkabau kabupaten Tanah Datar, di buka oleh Staff Ahli Kementrian Pariwisata RI bidang Multikultural Esti Reka Astuti hari Rabu 04/12/2019 di Istano Basa Pagaruyung Batusangkar Sumatera Barat.

Festival Pesona Budaya Minangkabau akan  berlangsung dari tanggal 04-08 Desember di ikuti juga oleh kabupaten/kota di Sumbar, Propinsi lain serta peserta dari negara tetangga Jiran Malaysia.

Hadir pada pembukaan FPM Asisten III propinsi Sumbar Nasir Ahmad, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Forkopimda Tanah Datar, Ketua Tim PKK Tanah Datar Emi Irdinansyah Tarmizi, Raja Pagaruyung Sutan M. Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah, t
Cerdik pandai, Tokoh adat, ulama dan Undangan lainnya.

Festival Pesona Minangkabau (FPM) digelar dalam rangka melestarikan budaya  Minangkabau dan mempromosikan wisata Tanah Datar dan sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 100 Wonderfull Event di Indonesia oleh Kemenfar RI.

Sebanyak 16 jenis event digelar dalam Festival Pesona Minangkabau, Pawai Budaya, Arakan Jambah, Makan Bajamba, Pemecahan Rekor Muri, Pagaruyung Expo, pagelaran Seni Spesipik Minangkabau, pagelaran Seni Melayu, Festival Matrileneal, fameran foto pesona Budaya wisata dan Budaya Tanah Datar, kampung Kopi, Dialog Budaya, Pacu Jawi, Pasar Van der Cappelen, Tanah DatarTourism Award, Pemilihan Media Tradisional Seni Budaya, Hiburan Artis Minangkabau.
Dengan lokasi pelaksanaan event acara, Istano Basa Pagaruyung, lapangan Cindue mato , Benteng Van der capellen, Gedung Suri Rajo Mahadirajo, Hotel Emersia, Dan kecamatan Sungai Tarab sebagai lokasi pelaksanaan event pacu jawi.
Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar menyampaikan Festival Pesona minangkabau adalah Event yang masuk dalam daftar 100 wonderfull Indonesia dan telah memecahkan rekor muri pada tahun 2017 dengan Arakan Jamba terbanyak  yaitu 1.111 arakan dan pada tahun 2018, minum kawah daun dengan 4000 tempurung  tempurung dan pada tahun ini juga berhasil meraih penghargaan dari muri.

"Kita bangga karena Festival Pesona Minangkabau masuk dalam event 100 wonderfull Indonesia yang ditetapkan oleh Kemenpar RI, ini adalah pelaksanaan ketiga  FPM, pada kali ini pun behasil memecahkan rekor muri dalam event pagelaran talempong pacik dengan lebih kurang 2000 peserta dari anak anak dan pelajar," Kata bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada kemenpar RI, Gubernur Sumbar, Tim PKK Tanah Datar, dan Panitia pelaksana  serta pihak pihak yang telah membantu terlaksananya acara Festival Pesona Minangkabau tahun 2019. (M)

Sukseskan Asian Games 2018